by

Pemkab Jembrana Raih Penghargaan dari BKN Award 2022 Kategori Penilaian Kompetensi ASN

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten Jembrana kembali menerima prestasi penghargaan yang diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Sistem Bidang Informasi Kepegawaian Suherman, S.Kom., M.si., pada Kamis (8/9/2022). Penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jembrana Drs. I Made Budiasa, M.Si, bertempat di Dynasty Resrt Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Kali ini Pemkab Jembrana meraih penghargaan Kategori Penilaian Kompetensi di ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award tahun 2022. Penghargaan tersebut merupakan hasil penilaian kompetensi dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Suherman mengatakan bahwa BKN Award 2022 merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada instansi pemerintah yang dinilai berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen aparatur sipil negara di lingkup instansi masing-masing. “Award atau penghargaan bukan semata-mata tujuan utama, tetapi merupakan keberhasilan atas keseriusan dari masing-masing instasi untuk mengimplementasikan manajemen aparatur sipil negara,” ucap Suherman.

Lanjutnya, Suherman juga menjelaskan bahwa dalam penilaian BKN Award terdapat berbagai kreteria yang dinilai. BKN mengelompokkan instansi dalam bentuk tiga kelompok instansi dengan kategori yaitu:

  1. Kategori kelompok instansi besar
  2. Kategori kelompok instansi sedang
  3. Kategori kelompok intansi kecil.

“Adapun penilaian di BKN Award 2022 menggunakan berbagai kriteria yaitu:

  1. Perencanaan kebutuhan ASN
  2. Pelayanan mutasi kepegawaian
  3. Kualitas data dan sistem integrasi
  4. Penilaian aparatur sipil negara
  5. Presentasi pelaporan kinerja
  6. Pelaksanaan norma dan standar
  7. Prosedur di setiap instansi.

Demikian kriteria penilaian BKN Award 2022,” jelas Suherman.

Saat ditemui awak Media Pewarta Indonesia usai penyerahan penghargaan Sekda Jembrana I Made Budiasa mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas komitmen Pemkab Jembrana dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil penilaian kompetensi dalam menajemen aparatur sipil negara. “Ini merupakan salah satu apresiasi dari Badan Kepegawaian Negara atas prestasi Pemkab Jembrana dalam menyelenggarakan penilaian kompetensi,” ucap Sekda I Made Budiasa.

Ia juga menegaskan bahwa capaian tersebut tidak menjadikan Pemkab Kabupaten Jembrana berpuas diri, melainkan sebagai motivasi agar lebih meningkatkan kompetensi ASN. “Dengan penghargaan ini, kita tidak akan sampai di sini saja, tetapi ini dijadikan sebagai pemicu semangat Pemerintah Kabupaten Jembrana untuk lebih meningkatkan lagi kompetensi ASN,” tegas Sekda I Made Budiasa.

Sekda Jembrana I Made Budiasa berharap dari penghargaan tersebut menjadi motivasi untuk terus memaksimalkan pengelolaan ASN di Lingkup Pemerintah Kabupaten Jembrana. “Harapan kami ke depan dalam menentukan kebijakan kepegawaian khususnya dalam penempatan maupun dalam promosi dan sebagainya, kita harus menilai kompetensi dengan sebaik-baiknya, sehingga betul -betul menempatkan ASN sesuai dengan kompetensinya, kita harus bisa meningkatkan ini,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA