by

Orangtua Wajib Tahu, Begini Cara Memilih Asuransi Kesehatan untuk Anak!

-Opini-872 views

Setiap orangtua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, apalagi jika berhubungan dengan kesehatan. Tentu orangtua selalu mengupayakan pola hidup sehat serta memberi makanan bergizi agar anak selalu sehat dan bertumbuh kembang dengan baik.

Namun, itu saja tidak cukup, sebab risiko terkena sakit selalu bisa  terjadi pada anak-anak. Karena itu, Anda perlu memberikan perlindungan kesehatan pada anak.

Proteksi kesehatan dengan asuransi kesehatan akan memberikan jaminan perawatan serta pemberian obat hingga anak sembuh saat anak sakit. Tidak hanya asuransi kesehatan, asuransi mobil tersedia di sini untuk memberikan proteksi untuk mobil Anda dari risiko kecelakaan atau lainnya.

Sedangkan untuk risiko kesehatan Anda juga bisa memilih asuransi Sequis Life. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa klik untuk asuransi sequis life terbaik.

5 Cara Memilih Asuransi Kesehatan untuk Anak

Biaya pengobatan juga lebih ringan karena sudah dicover oleh asuransi kesehatan. Dengan demikian, tabungan untuk pendidikan anak tidak akan terganggu untuk biaya rumah sakit.

Tertarik untuk memiliki asuransi kesehatan untuk anak? Simak beberapa tips berikut.

Mengajukan asuransi ketika anak sehat

Mengajukan asuransi kesehatan, sebaiknya saat kondisi anak dalam keadaan sehat. Hal ini tak hanya berlaku pada anak-anak saja, tetapi juga pada orang dewasa. Dengan begitu, persetujuan asuransi lebih mudah didapatkan dari perusahaan asuransi tersebut.

Selain itu, mengajukan asuransi ketika masih sehat juga menjadikan produk premi yang Anda dapatkan lebih murah dibandingkan sudah dalam kondisi sakit.

Melakukan observasi terhadap asuransi kesehatan yang hendak dipilih

Sebelum menentukan pilihan asuransi, sebaiknya lakukanlah observasi kecil-kecilan dengan membaca informasi produk dengan teliti melalui brosurnya. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan produk asuransi serupa antara perusahaan satu dengan lainnya.

Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda serta memiliki premi yang sesuai budget. Sehingga Anda benar-benar mendapat manfaat yang dibutuhkan.

Meninjau riwayat penyakit di keluarga

Cek riwayat penyakit di keluarga, apakah ada yang memiliki sejarah penyakit keturunan. Pemeriksaan laboratorium menjadi salah satu tahap untuk mengetahui kemungkinan anak Anda mengalami gangguan kesehatan di kemudian hari yang disebabkan oleh penyakit keturunan.

Informasi dari hasil cek laboratorium tersebut selanjutnya bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih pertanggungan kesehatan yang sesuai untuk si anak.

Memiliki jaringan rumah sakit rekanan

Sebaiknya Anda pilih perusahaan asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit rekanan yang dapat memberi pelayanan kesehatan khusus anak.

Perhatikan juga kualitas serta fasilitas yang diberikan rumah sakit rekanan dari asuransi tersebut. Apakah memberi fasilitas khusus untuk anak. Sebab fasilitas kesehatan untuk anak berbeda dengan kebutuhan fasilitas untuk orang dewasa.

Bedakan asuransi kesehatan dengan asuransi pendidikan

Sebaiknya Anda membedakan asuransi pendidikan dengan asuransi kesehatan anak. Sebab asuransi pendidikan lebih menekankan pada asuransi jiwa serta investasi. Sedangkan asuransi kesehatan berfokus pada proteksi kesehatan anak.

Kemudian, sebaiknya juga jangan mengambil asuransi kesehatan yang berpadu dengan asuransi jiwa. Sebab, bisa mengurangi manfaat yang Anda terima padahal biaya preminya tinggi.

Menyesuaikan premi dengan kemampuan finansial

Memilih asuransi juga sebaiknya pastikan jika preminya sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Semakin besar manfaat yang diberikan oleh asuransi, maka nilai preminya juga semakin tinggi.

Apabila, asuransi yang Anda pilih belum bisa memproteksi hingga perawatan jalan, sebaiknya utamakan mendapat manfaat rawat inap terlebih dahulu.

Kemudian untuk pilihan pembayaran, sebaiknya Anda pilih sistem pembayaran cashless. Sehingga Anda tidak perlu bingung dengan adanya sistem penggantian biaya di rumah sakit.

Nah itu tadi beberapa cara memilih asuransi kesehatan untuk anak. Asuransi memang sangat penting untuk bisa memproteksi kesehatan anak, sehingga tabungan pendidikan anak juga aman.

Memiliki asuransi merupakan salah satu langkah cerdas dalam mengatur perencanaan keluarga. Sehingga tabungan atau dana darurat tidak sampai terpakai apabila terdapat risiko tertentu yang terjadi.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA