by

Mantap! Pelatihan Jurnalistik DPC FSP LEM SPSI Karawang Diisi Pemateri Nasional Wilson Lalengke Ketua Umum PPWI

KOPI, Karawang – Pelatihan Jurnalistik Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik Mesin (DPC FSP LEM SPSI) Kabupaten Karawang dihadiri puluhan peserta di aula gedung Indo Alam Sari, Interchange Karawang, Kamis (29/9/2022). Kegiatan pelatihan itu diisi pemateri nasional Wilson Lalengke, Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI); Enhartono, Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Karawang; Mustafid, pewarta Berita Pembaruan; dan Mung Pujanarko, Dosen Universitas Jayabaya, dengan tema kegaitan Peran Media sebagai Pilar Demokrasi.

Ketua DPC FSP LEM SPSI Kabupaten Karawang, Abas Purnama, SE, dalam sambutannya mengatakan bahwa aksi buruh selama ini masih kurang bergema karena kurang publikasi. “Aksi tanpa media bagai sayur tanpa garam,” katanya.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke yang mengupas betapa pentingnya setiap warga masyarakat melibatkan diri dalam kerja-kerja jurnalisme. Alumni PPRA-48 itu menekankan bahwa kegiatan jurnalistik dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa harus meninggalkan pekerjaan pokok yang menjadi sumber penghidupan sehari-hari.

Pada kesempatan itu, Wilson Lalengke menerangkan bahwa keberhasilan hanya akan dimiliki oleh mereka yang menguasai informasi. “Siapa orang yang menguasai informasi akan menguasai dunia,” tukasnya.

Mung Pujanarko, Dosen Jayabaya, kemudian melanjutkan ke sesi berikutnya yang menjadi kegiatan utama pelatihan, yakni membuat berita dalam durasi sangat cepat. “Cara cepat menulis jangan takut salah, menulis apa yang dilihat dan didengar dengan rumus 5 W + 1 H,” singkatnya.

Sukarya (40), salah satu peserta saat mengikuti pelatihan jurnalistik, menyampaikan bahwa pelatihan kjurnalistik bersama PPWI kali ini sangat bermanfaat. “Pelatihan jurnalistik ini sangat bermanfaat untuk saya, menambah pengetahuan dan kemampuan saya dalam memberikan informasi untuk khalayak,” tulis Sukarya. (Tulisan oleh Abizar)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA