by

Hadiri Pameran Kriyanusa 2022 di Jakarta, Bupati Jembrana: Kerajinan Kita Semakin Dikenal Luas

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba ikut menghadiri dan memberikan dukungan dalam penyelenggaraan pameran Kriyanusa 2022, yang digelar di Hall A Balai Sidang Jakarta Convention Center ( JCC), Kamis (22/9/2022). Pameran tersebut diikuti oleh pengerajin dan UMKM seluruh Indonesia termasuk pengerajin dari Kabupaten Jembrana, mengangkat tema “Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing” berlangsung mulai 21-25 September 2022 .

Selain itu, bersama Nyonya Putri Suastini Koster turut menyaksikan peragaan busana karya para designer Bali. Peragaan busana tersebut digelar oleh dekranasda Provinsi Bali.

Terkait hal tersebut Bupati Tamba mengatakan bahwa pameran tersebut sangat penting terutama bagi pengerajin asal Jembrana. Menurutnya, lewat Pameran Kriyanusa 2022, membantu pemasaran produk-produk binaan Dekranasda, memberikan ruang  pengerajin se-Bali, sekaligus mengasah kreativitas dan inovasi mereka agar dapat bersaing menampilkan produk kerajinan masing-masing.

“Pameran ini penting karena banyak pelajaran yang didapat melalui event ini. Pengerajin dan UMKM bisa mengamati ragam motif, design, display dan tentu bagaimana cara menjual produknya,” ucap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba yang pernah menjabat Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali tersebut berharap bahwa melalui pameran Kriyanusa tersebut, pengerajin dan UMKM Bali nantinya memiliki produk kerajinan dengan kualitas yang semakin baik, sehingga produk kerajinan daerah makin dikenal luas. “Ini upaya mendorong produk-produk kerajinan kita semakin dikenal luas. Saya juga berharap semeton-semeton Bali dan Jembrana yang ada di Jakarta memberikan dukungan dengan datang langsung ke Pameran Kriya Nusa di JCC karena banyak sekali produk kerajinan yang bagus,” harap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengatakan bahwa dengan akan diresmikannya rumah Tenun Jembrana sebagai wujud dukungan bagi pengerajin dan UMKM di Jembrana. Rumah tenun diharapkan menjadi wadah bagi para pengerajin Jembrana mengeksplorasi produk dan mendorong ide-ide kreatif dan  inovatif.

“Pembangunan rumah tenuh kita menyiapkan tempat untuk menampung pengerajin Jembrana. Tinggal bagaimana mereka terus berinovasi, menampilkan produk-produk terbaik, sehingga bisa dikenal dalam memasarkan produk produknya,” ucap Bupati Tamba.

Sementara pengerajin asal Jembrana dr Luh Wayan Sriadi peserta Pameran Kriyanusa 2022 mengatakan bahwa pameran tersebut terbesar di Indonesia, dan pameran tersebut digagas oleh dekranas pusat yang pesertanya semua daerah di Indonesia.

“Pameran ini peserta murni pengerajin bukan pedagang, sehingga betul-betul murni hasil karya anak daerah, itulah daya tariknya.

Selain itu pengerajin yang hadir menampilkan produk unggulan masing-masing daerah, sehingga selalu ramai dan beragam,” ucap dr Luh Wayan Sriadi.

Penyelenggaraan Kriyanusa 2022 digagas oleh DEKRANAS pusat, juga diikuti oleh 147 peserta dari berbagai daerah dan didukung oleh lembaga lembaga pusat dan kementerian. Tidak hanya produk tenun saja, juga ikut ditampilkan produk kerajinan seperti: perak, songket, anyaman tas kulit kain, dan produk-produk fashion lainnya. (Abhi/AM))

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA