by

Cegah dan Deteksi Dini Faktor Resiko PTM pada Remaja, Mahasiswa KKN Unsika Laksanakan Sosialisasi dan Cek Kesehatan

KOPI, Karawang – Guna mencegah berbagai risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) pada remaja, Mahasiswa Tim KKN 82 “CERDIK” Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) tahun 2022, Desa Duren, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, melaksanakan sosialisasi dan cek kesehatan. Sosialisasi dengan tema “Menciptakan Remaja Sehat Bebas dari Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan perilaku CERDIK dan Germas” berlangsung di SMAN 1 Klari, Rabu (7/9/22) pukul 10.00 WIB s.d. 11.30 WIB.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Tim KKN 82 “CERDIK”, Salman, SKM., M.Kes; Kepala Sekolah SMAN 1 Klari Dra. Tri Setyowati Dyah Lestari Wiludjeng, M.Pd; beserta perwakilan guru SMAN 1 Klari dan sejumlah 72 murid dari Kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2.

Di waktu yang bersamaan, Tim KKN 82 “CERDIK” Unsika melaksanakan cek kesehatan terhadap 36 murid dari kelas X MIPA 3, meliputi pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar perut, lingkar lengan (untuk perempuan), tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol. “CERDIK” merupakan program dari Kementerian Kesehatan untuk mengimbau masyarakat Indonesia dalam pencegahan penyakit tidak menular melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Di sini sasaran kita adalah remaja. Hal tersebut diharapkan dapat mendeteksi faktor resiko penyakit tidak menular secara dini terhadap generasi penerus bangsa,” ujar Salman, SKM., M.Kes.

Sementara itu, Dimas Darma Kusuma selaku ketua KKN 82, menjelaskan apa itu “CERDIK”. “CERDIK” adalah singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik atau olahraga, Diet sehat, Istirahat cukup dan Kelola stress.

“Sosialisasi dan cek kesehatan merupakan program kerja utama kelompok kami. Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi dan cek kesehatan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terutama dalam mewujudkan pola hidup sehat pada remaja. Sehingga, mereka bisa mengetahui tentang penyakit tidak menular beserta pencegahannya,” tutupnya. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA