by

Cara Rewinding Pompa Celup Tsurumi Ternyata Mudah

KOPI, Jakarta – Pemakaian elektronik tidak pernah lepas dari berbagai masalah hingga menyebabkan eror hingga mati total termasuk penggunaan pompa submersible. Tidak jarang Anda harus tahu cara rewinding pompa celup Tsurumi saat mengalami masalah sehingga tidak perlu membeli baru.

Biasanya pompa air sering mengalami masalah seperti cepat panas, mati sendiri, hanya berdengung, hingga tidak mengeluarkan air. Tentu masalah tersebut sering kali mengganggu pekerjaan sehingga tidak bisa berfungsi secara optimal dalam menangani masalah.

Mengapa Pompa Air Perlu Rewinding dan Apa Penyebabnya?

Produk pompa submersible Tsurumi juga tidak luput dari masalah ringan hingga masalah berat karena berbagai faktor. Pompa bermasalah bukan berarti tidak berkualitas, namun ada beberapa faktor penyebab dari masalah yang timbul tersebut.

Seperti masalah pompa mudah panas hingga mati sendiri, biasanya masalah ini sering terjadi dan kerap membuat orang kebingungan. Tidak jarang banyak yang memilih membeli baru ketimbang mengetahui terlebih dahulu penyebab dari masalah tersebut.

1. Bearing Rusak

Sebelum mengetahui cara rewinding pompa celup Tsurumi ada baiknya untuk mengetahui masalah yang menjadi penyebabnya. Salah satunya pompa cepat panas dan mati sendiri karena bearing atau bagian bantalan yang berkarat sehingga rusak.

2. Pemasangan Pipa Kurang Tepat

Tidak hanya masalah bearing yang menyebabkan kerusakan hingga membutuhkan rewinding agar bisa digunakan kembali. Penyebab lain dari pompa cepat panas adalah kurang tepat dalam pemasangan pipa yang menyebabkan beban pompa semakin berat.

Pemasangan pipa pada pompa tentu harus sesuai agar operasi pompa lebih mudah dan lancar dalam menangani masalah. Pipa yang tidak sesuai membuat beban pompa lebih berat sehingga mengakibatkan mesin mudah panas hingga mati.

3. Kapasitor Rusak

Anda tidak perlu takut memiliki pompa yang mudah rusak jika menggunakan produk pompa celup Tsurumi. Meskipun begitu, Anda tetap harus tahu penyebab pompa cepat panas yang biasanya karena faktor kapasitor rusak sehingga siring waktu semakin melemah.

Cara rewinding pompa celup Tsurumi berkaitan dengan peran kapasitor dalam memulai putaran hingga kecepatan generator. Kapasitor yang mulai melemah membuat putaran menjadi terhambat dan mengakibatkan mesin pompa mudah panas hingga berakibat mati.

4. Kipas Pendingin Rusak

Kerusakan pada pompa sering kali membuat penggunanya merasa bingung dan kesulitan untuk memperbaiki. Namun tenang saja, penyebab masalah pompa cepat panas atau mati sendiri bisa jadi karena kipas pendingin yang rusak sehingga sirkulasi udara kurang baik.

Kipas pendingin udara yang rusak membuat perputaran udara menjadi tidak baik dan mengestimasi kenaikan suhu panas pada pompa. Bahkan kondisi kipas yang sangat kotor tidak jarang turut menjadi penyebab kipas mudah rusak hingga berdampak pada mesin pompa.

5. Limit Air

Biasanya saat pompa air mengalami masalah perlu melakukan tindakan dengan cara rewinding pompa celup Tsurumi dengan benar. Pasalnya, penyebab pompa air bermasalah bisa saja karena masalah kekeringan air yang mengakibatkan kehampaan impeller dan kerusakan mesin.

Keringnya air tentu menimbulkan kehampaan udara yang mengakibatkan kondisi mesin kilat panas. Pasalnya, kosongnya udara pada kepala pompa yang menyebabkan hawa panas pada ruang impeller dan bisa berlanjut mempengaruhi kinerja generator hingga mesin pompa.

Bagaimana Cara Rewinding Pompa Celup Tsurumi yang Benar?

Menggunakan barang elektronik untuk keperluan sehari-hari tentu tidak lepas dari berbagai masalah yang mengganggu. Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui spesifikasi pompa celup Tsurumi dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Meskipun berkualitas terbaik, pompa air bisa mengalami masalah seperti mesin cepat panas hingga mati karena lamanya penggunaan. Dengan begitu, Anda harus tahu cara rewinding pompa celup Tsurumi sebelum memutuskan untuk membeli pompa baru.

1. Buka Penutup Pompa Air

Cara melakukan rewinding pada pompa celup sebenarnya tidak sulit dan Anda bisa mencobanya sendiri. Meskipun banyak jasa rewinding tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba sendiri sekaligus menghemat pengeluaran.

Pertama-tama Anda harus membuka cover atau penutup pompa yang menutupi gulungan sehingga bisa mencari titik permasalahannya. Usahakan untuk memisahkan gulungan dari bada pompa jika memungkinkan agar kedua sisi dapat terlihat dengan jelas.

2. Cek Kondisi Gulungan

Untuk melanjutkan cara rewinding pompa celup Tsurumi agar bisa berguna kembali masih ada beberapa tahapan. Setelah membuka cover, tentu Anda harus memisahkan gulungan dari bada pompa agar lebih jelas dan cepat menemukan masalahnya.

Kemudian Anda bisa melakukan cek terkait kondisi pada gulungan pompa dan mencari titik permasalahannya. Titik permasalahan biasanya memiliki tanpa menghitam pada kawat kumparan seperti bekas terbakar sehingga menyebabkan korsleting.

3. Pisahkan Kawat dan Beri Isolator

TAnda gulungan mengalami masalah korsleting tidak hanya menghitan saja, melainkan terdapat helai kawat yang tidak sesuai tempatnya. Pasalnya, posisi helai kawat tersebut menyentuh gulungan lain yang tidak semestinya.

Cara rewinding pompa celup Tsurumi yang mengalami korsleting tidak terlalu sulit dan bisa Anda perbaiki sendiri. Caranya dengan membuka ikatan gulungan untuk memisahkan kawat dan memberi isolator pada kawat bermasalah tersebut.

4. Kembalikan Kondisi Kawat seperti Semula

Dalam memperbaiki pompa yang bermasalah karena korsleting tentu harus teliti serta berhati-hati agar tidak timbul masalah lain. Perbaiki setiap kawat dengan memberi isolator atau memisahkan dari gulungan, lalu kembalikan posisi kawat seperti semula.

Demikian cara rewinding pompa celup Tsurumi yang mudah dan benar sehingga bisa orang lakukan sendiri di rumah. Dengan begitu, tidak perlu lagi bingung mencari jasa rewinding pompa dan lebih menghemat pengeluaran. Kunjungi situs kami jika Anda Butuh pompa tsurumi.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA