by

Cara Mengecek Kecepatan Internet di Android dengan Mudah

-Tips-36 Views

KOPI, Jakarta – Kecepatan internet saat ini menjadi sebuah nilai jual yang banyak dipertanyakan. Maka dari itu, banyak sekali yang bertanya bagaimana sih Cara Mengecek Kecepatan Internet di Android maupun di laptop atau PC. Simak penjelasannya di bawah ini.

Seperti diketahui, jaringan internet saat ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan. Mulai dari hiburan hingga aktivitas untuk bekerja. Namun ketika internet mengalami lemot atau trouble, pasti rasanya kesal. Sebab saat ini kecepatan internet adalah yang utama.

Maka dari itu, sebelum menggunakannya, kamu bisa cek terlebih dahulu internet yang mau digunakan. Kamu bisa mengecek melalui smartphone Android atau PC dan Laptop.

Cara termudah adalah dengan mengunjungi situs tertentu. Namun bagaimana jika internet down dan tidak bisa cek kecepatan internet? Tenang saja. Kamu bisa mengecek kecepatan internet tanpa perlu membuka browser. Simak ulasan lebih detail di bawah ini yang kami kutip dari resonansi.id.

Cara Mengecek Koneksi Internet dengan Mudah 

Memang internet saat ini sudah menjadi kebutuhan hampir semua manusia. Sebab tanpa internet, kamu pasti akan kebingungan untuk berkomunikasi atau bekerja. Nah di bawah ini sudah ada 2 Cara Mengecek Kecepatan Internet dengan mudah.

Cara pertama adalah dengan menggunakan laptop atau PC. Sedangkan cara kedua adalah dengan menggunakan smartphone Android. Berikut diantaranya:

1. Menggunakan CMD

  • Bagi pengguna windows, kamu tinggal tekan tombol Windows + R dan ketikkan ping 8.8.8.8 -t . atau juga bisa dengan menjalankan cmd (command prompt) dan ketikan perintah seperti diatas,
  • Barulah kamu klik klik OK, secara otomatis akan muncul jendela baru yang memberikan keterangan apakah anda sedang terkoneksi ke internet atau tidak,
  • Kemudian akan muncul balasan dari server 8.8.8.8, lalu yang perlu di perhatikan adalah pada bagian time, semakin  kecil time maka semakin cepat koneksi anda. Selain time, terdapat juga tanda kestabilan koneksi anda. Apabila time nilainya stagnan atau tidak berubah secara drastis, bisa dikatakan bahwa koneksi kamu stabil,
  • Namun jika yang muncul adalah pesan Request Time Out atau (RTO), maka koneksi kamu sedang bermasalah biasanya hal ini terjadi pada saat kamu sudah terkoneksi dengan router atau wifi, akan tetapi tidak terkoneksi dengan internet. Kemudian cara mengatasinya, kamu bisa reconnect atau menunggu sampai koneksi stabil kembali,

2. Menggunakan Web Browser

Kemudian bagi pengguna Android atau PC dan Laptop, kamu bisa menggunakan cara kedua ini. Cara Mengecek Kecepatan Internet yang ini adalah dengan memanfaatkan situs browser yang ada di internet.

Speedtest

Cara pertama adalah dengan menggunakan situs Speedtest. Cara ini sudah digunakan banyak orang, kamu juga harus mencobanya. Berikut adalah caranya :

  • Buka Google Chrome,
  • Cari Speedtest,
  • Kemudian muncul Speedtest Google,
  • Lalu kamu pilih tap jalankan uji kecepatan,
  • Secara otomatis, pengetesan akan dilakukan kemudian hasilnya muncul.

Speedtest net

Hampir sama dengan cara pertama, kamu juga bisa menggunakan situs ini untuk mengecek kecepatan internet. Berikut diantaranya :

  • Pertama kamu buka web browser,
  • Kunjungi laman speedtest.net.
  • Pilih GO.
  • Tunggu sampai hasilnya tampil.

Fast Speed Test

Sama halnya dengan cara pertama dan kedua, Cara Mengecek Kecepatan Internet yang ketiga ini bisa dilakukan dengan membuka web browser. Berikut adalah caranya :

  • Pertama, kamu buka web broweser
  • Kemudian kamu tulis FAST Speed Test, dan buka situsnya,
  • Secara otomatis pengecekan internet akan dilakukan.
  • Hasil kecepatan internet pada HP Android akan tampil. (*)
______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA