by

Buruh Karawang Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik Media FSP LEM SPSI Kabupaten Karawang

KOPI, Karawang – Para pejuang buruh perwakilan dari setiap PUK di bawah naungan FSP LEM SPSI Kabupaten Karawang mengikuti Pelatihan Media & Jurnalistik yang pertama di Karawang untuk para buruh. Kegiatan ini dilakukan Kamis (29/9/22), di R.M Indo Alamsari Jalan Interchange Karawang.

Para buruh sangat antisuias mengikuti pelatihan tersebut dikarenakan pemateri atau narasumber yang didatangkan adalah pemateri yang handal di bidang jurnalistik. Salah satunya adalah Ketua Umum PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia), Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A.

Seperti yang diutarakan Abas Purnama, S.E. selaku Ketua DPC FSP LEM SPSI Kabupaten Karawang bahwa buruh harus modern, dan mengikuti kemajuan jaman agar apa yang diaspirasikan dapat terpublish dan diketahui oleh khalayak umum. “Aksi tanpa berita, ibarat sayur tanpa garam,” ujarnya.

Dalam pelatihan ini juga mendatangkan jurnalis Bung Mung Pujanarko, beliau seorang Dosen di Universitas Jayabaya, memberikan materi Quick News. Mung menyampaikan kepada peserta untuk berusaha menulis berita dalam waktu lima menit dengan 150 kata.

Lanjutnya, usahakan semua momen yang dilalui dapat dipublish dengan 150 kata dalam 5-10 menit. “Bila kita rajin menggugah konten, setiap event yang kita lewati tidak akan sia-sia karena terdokumentasikan dengan baik,” ujar Bung Mung Pujanarko.

Sosial media ini sangat berperan penting untuk saat ini, kita harus bisa memanfaatkannya karena sekarang internet sudah terbuka dan sangat mudah diakses. Pelatihan ini tidak hanya memberikan materi atau teori saja yang dibahas, tetapi langsung melakukan praktek, ini sangat berguna bagi peserta diklat untuk secara langsung dan membiasakan diri dalam pembuatan berita. Hidup Buruh! Bangkit ! Bergerak ! 1 Komando! (Hafidh)

Praktek pembuatan Warta Berita


______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA