by

Buka Latihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner, Bupati Jembrana: Ikuti Kegiatan dengan Baik

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jembrana membuka Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner bertempat di Hotel Hapel, Banjar Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, Rabu (14/9/2022). Pelatihan tersebut bertujuan untuk melatih dan meningkatkan wawasan dan mendorong munculnya inovasi.

Terkait hal tersebut untuk terjun di dunia kuliner, berbagai inovasi harus dikembangkan untuk menambah daya tarik pelanggan. Kreativitas kuliner dari para pelaku usaha di destinasi wisata, untuk dapat memberikan sajian yang sehat dan berkualitas serta menarik bagi wisatawan.

Bupati Tamba menegaskan bahwa para peserta yang mengikuti pelatihan untuk tekun dalam dalam pelatihan tersebut. “Ikuti kegiatan ini dengan baik, selanjutnya nanti harus dipraktekan dirumah masing-masing, sehingga bisa menghasilkan kuliner yang bagus di Kabupaten Jembrana,” harap Bupati Tamba.

Pihaknya meminta agar para peserta mempunyai inovasi dalam membuat usaha kuliner dengan pelayanan yang cepat, tempatnya yang bersih, nyaman dan tentunya publik speaking/cara berbicara harus sopan dan santun kepada pelanggan. “Jika membuat usaha, buatlah konsep yang inovatif dengan pelayanan yang cepat dan nyaman untuk dikunjungi, setelah itu untuk bisa dkenal bisa dipromosikan melalui sosial media (Sosmed),” ujar Bupati Tamba.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kabupaten Jembrana, Anak Agung Komang Sapta Negara mengatakan bahwa “Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dari program pengembangan kompetensi sumber daya manusia pariwisata di daerah oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bidang Pelayanan Pariwisata,” ucap Kadis Parbud A.A. Komang Sapta Negara.

Lanjutnya, Kadis Parbud Kabupaten Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara mengungkapkan bahwa “Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dengan menyasar para pengelola dan pelaku pariwisata dan kreatif di daerah, utamanya yang tergabung dalam kelompok Sadar Wisata, Desa Wisata dan Desa kreatif,” ungkap Kadis Parbud Anak Agung Komang Sapta Negara.

Lebih lanjut, Kadis Parbud Kabupaten Jembrana A.A Komang Sapta Negara menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan pelatihan tersebut adalah agar para peserta bisa menambah wawasan dan pengetahuannya dalam penyelenggaraan dan pengelolaan destinasi, serta mengetahui nilai strategis. Selain itu juga untuk mengetahui dan memahami berbagai standar dan ketentuan nasional dan internasional tentang higienitas penyajian kuliner dan memahami prinsip-prinsip dalam melakukan kreatifitas dan inovasi untuk sajian kuliner.

“Dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang berasal dari anggota Pokdarwis, Unsur Desa dan Desa Kreatif. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari. Mulai dari 14-16 September 2022. Selama dua hari pelatihan akan diisi dengan penyampaian materi dan diskusi, dan dihari terakhir peserta akan melaksanakan orientasi lapangan ke salah satu usaha pariwisata yang telah menerapkan inovasi dan higienitas sajian kuliner sesuai standar pariwisata,” jelas Kadis Parbud Komang Sapta Negara.

Narasumber yang menyampaikan materi pelatihan tersebut berasal dari para akademisi di bidang pariwisata, praktisi pariwisata, Lembaga/Instansi terkait. “Untuk biaya pelatihan ini  bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022, yaitu dana Pelayanan Kepariwisataan,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA