by

25 Pelaku UMKM Produktif Ikuti Pelatihan Manajerial

KOPI, Lubuklinggau – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Lubuklinggau gelar pelatihan manajerial bagi Wirausaha Produktif di Kota Lubuklinggau. Kegiatan ini diikuti 25 peserta dari pelaku UMKM di Kota Lubuklinggau.

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe yang diwakili Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan, Nobel Nawawi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada dinas Koperasi dan UKM yang telah menggelar kegiatan ini.

Menguingat pentingnya peran UMKM dalam perekonomian nasional, pemerintah daerah harus melakukan pemberdayaan dan pengembangan terhadap pelaku UMKM khususnya di Lubuklinggau

“Saat ini, UMKM sudah lebih dari 6000, harapan saya kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam bidang perencanaan usaha dan strategi pengembangan bisnis, manajemen keuangan dan manajemen pemasaran,” kata Dia.

Menurutnya, strategi pemasaran saat ini yang paling efektif adalah strategi digital marketing, sebab pesatnya pekembangan internet yang mencapai 73,3 persen.

Digital marketing menjadi strategi pemasaran paling cepat, efektif, kuat dan dapat menggerakkan perubahan pada banyak sektor yang mempengaruhi perekonomian.

“Selain itu, UMKM harus dapat mengatur arus dana yang berasal dari hutang. Karena, hutang harus digunakan bersifat produkti atau untuk usaha bukan konsumtif. Sehingga penggunaan dana melalui hutang dapat terkontrol dengan baik,” jelas Nobel.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Wiwin Eka Saputra menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong produk UMKM menuju pasar modern dan komoditi ekspor serta dapat meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam bidang manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan standarisasi.

“Untuk narasumber berasal dari dinas Koperasi dan UKM, Bank Sumsel Babel, Loka POM, Bappeda Litbang serta dari praktisi dari klinik UMKM bersama,” tandasnya. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA