by

WordPress 5.8 Sudah Rilis: Saatnya beralih ke Webp!

KOPI, Jakarta – Webp adalah format gambar terbaru yang dikembang oleh google. Gambar ini memiliki kemampuan kompresi lebih baik dibandingkan gambar tradisional lain seperti JPG dan PNG.

Baru-baru ini WordPress mengumumkan pada update versi 5.8 bahwa sudah support format gambar webp. Tentu ini kabar baik buat para pengguna wordpress. Karena tidak perlu lagi menggunakan plugin optimasi gambar untuk melakukan konversi ke webp dan kompresi pada gambar.

Bukannya WebP belum support semua browser?

Saat ini hampir semua browser modern telah support WebP. Hal ini dikarenakan memang format WebP adalah format gambar yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Berdasarkan data dari caniuse.com, semua browser modern yang terkenal sudah support webp kecuali Internet Explorer. Berikut data lengkapnya:

WebP-browser-support

Apakah saya harus menggunakan WebP?

Ya, tentu. Jika Anda pengguna wordpress pasti ingin melakukan optimasi web, salah satunya adalah optimasi gambar. Selain gambar Anda juga perlu melakukan optimasi pada file gif (jika menggunakan).

Pertanyaannya adalah apakah pengunjung web Anda sudah menggunakan browser yang support webp?

Untuk memastikannya Anda harus melihat data Google Analityc web. Caranya yaitu silahkan masuk ke Google Analityc > pilih Audiens > Teknologi > Browser dan OS.

Anda akan melihat data lengkap jenis browser yang digunakan pengunjung web Anda, termasuk juga versi browser yang mereka gunakan.

Cara Mudah Ekspor Gambar ke WebP

Setelah Anda tahu bahwa browser pengunjung web dominan support WebP, selanjutnya kita bisa langsung upload gambar format webp ke web. Hal ini bisa menghemat space hosting, selain ukuran gambar lebih kecil kita tidak perlu lagi menyimpan versi webp dari gambar jpeg/png di database.

Untuk mengubah gambar ke WebP kita bisa menggunakan bantuan photoshop atau pun dengan tools online. Namun saya lebih suka dengan photoshop karena kita bisa edit sekaligus eksport.

Dikutip dari tedieka.com, berikut cara mengubah gambar ke format WebP menggunakan photoshop:

  1. Download plugin photoshop untuk WebP versi windows: https://github.com/webmproject/WebPShop/releases/download/v0.3.3/WebPShop_0_3_3_Win_x64.8bi.
  2. Setelah terdownload copy filenya ke C:/program files/Adobe/Adobe Photoshop 2018/Plug-ins.
  3. Kemudian buka aplikasi Adobe Photoshop Anda.
  4. Kemudian silahkan simpan file gambarnya dengan Save as, maka akan tampil pilihan WebP seperti ini:
  5. Anda bisa mengatur kualitas gambar ke 70-75% (direkomendasikan). Untuk compression pilih default.
  6. Selesai.

Sekarang Anda hanya perlu mengupload gambar WebP tersebut ke wordpress seperti biasa.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA