by

Ratusan Anggota JI di Aceh Tamiang Lepas Bai’at dan Ikrar Janji Setia kepada Pancasila dan NKRI

KOPI, Kuala Simpang – Ratusan anggota Jamaah Islamiyah (JI) di Kabupaten Aceh Tamiang dengan kesadaran sendiri melakukan pelepasan bai’at dan berikrar setia kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Aula Sidang Paripurna DPRK Aceh Tamiang, Kamis (11/8/22).

Ikrar tersebut terjadi pasca upaya hukum oleh Detasemen Khusus (Densus) 88/AT Mabes Polri terhadap masyarakat di Kabupaten Aceh Tamiang yang diduga merupakan jaringan terorisme. Peserta ikrar berjumlah 450 orang, masing-masing berasal dari jamaah pengajian di Kecamatan Karang Baru sebanyak 85 orang, dari jamaah pengajian Kecamatan Rantau sebanyak 90 orang dan sisanya dari jamaah pengajian Kecamatan Kejuruan Muda sebanyak 270 orang.

Ratusan peserta pelepasan bai’at dan ikrar setia kepada Pancasila dan NKRI foto bersama dengan petinggi Densus 88/AT dan pejabat setempat.

Wakil Kepala Densus 88/AT Mabes Polri, Brigjen Pol. Drs. Sentot Prasetyo, S.I.K., menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya ikrar tersebut.

“Dengan adanya kegiatan pada hari ini, kita berharap agar tetap berpaham dan berideologi Pancasila dan menjaga keutuhan NKRI,” ujarnya.

Kemudian, Wakil Bupati Aceh Tamiang, T. Insyafuddin, S.T., menilai kegiatan ikrar setia kepada NKRI diyakini dapat memupuk kembali rasa persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa. Menurutnya, Pancasila sebagai ideologi negara tidak bertentangan dengan Islam.

“Perlunya peran tokoh agama dalam melakukan pencegahan terhadap masuknya paham radikalisme di dalam masyarakat serta dengan adanya kegiatan baiat dan ikrar cinta NKRI dapat menumbuhkan semangat dan kesatuan bangsa guna mengantisipasi berkembangnya paham radikalisme di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang,” harap T Insyafuddin di depan ratusan anggota peserta ikrar.

Acara pelepasan bai’at dan  ikrar setia kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak berlangsung lama. Kegiatan tersebut selesai pukul 11.00 WIB dan dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar setia kepada NKRI oleh ratusan anggota peserta ikrar dan bai’at.

Selain Waka Densus 88/AT Mabes Polri Brigjen Pol Drs. Sentot Prasetyo, S.I.K dan Wakil Bupati Aceh Tamiang T. Insyafuddin, ST, turut hadir di acara tersebut, antara lain: Direktur Cegah Densus 88/AT Mabes Polri Brigjen Pol. Tu Bagus Ami Prindani S.I.K., M.Si., Kolonel (Purn) DR. Ahmad Husein, M.A., Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi. Alfian Rahmad Purnamasidi, S.I.P., M.Si., Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali, S.I.K., Danyon 111 Raider Khusus Letkol Inf. Agus Satrio Wibowo, S.I.P., dan Kepala Kesbangpol Provinsi Aceh Drs. Mahdi Efendi.

Sementara dari unsur Forkopimda Aceh Tamiang turut hadir antara lain, Asisten I Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang Syahri, S.P.,  dan Wakil II DPRK Aceh Tamiang M. Nur. Selain itu, terlihat juga Kajari Aceh Tamiang Agung Hardianto, S.H,, Kepala Pengadilan Aceh Tamiang Rahmadsyah, S.H., M.H., Ketua MPU Aceh Tamiang Syahrizal, M.A., Kaban Kesbangpol Aceh Tamiang Devi Agusliyana, S.STP., Kabag Ops Polres Aceh Tamiang Kompol Arif Sanjaya, S.H., Kasat Intelkam Polres Aceh Tamiang AKP Zulfahmi, S.H. (MU/Rls)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA