by

Penyebab WhatsApp Diblokir Sementara dan Cara Mengatasi

KOPI, Jakarta – Selain diblokir orang lain, WhatsApp kita juga bisa diblokir oleh pihak pengembang. Pemblokiran sendiri biasanya dilakukan sementara. Ada alasan khusus mengapa pemblokiran sementara itu terjadi. Lalu, apa saja penyebab itu?

Penyebab WhatsApp Diblokir Sementara oleh Pihak Pengelola

Dikutip dari covid19filantropi.id, penyebab utama mengapa WhatsApp diblokir sementara adalah adanya pelanggaran yang dilakukan pengguna. Bentuk pelanggaran yang biasa dilakukan adalah:

1. Penggunaan Aplikasi WhatsApp Modifikasi

Saat ini, sudah banyak aplikasi modifikasi dari WhatsApp, seperti GB WhatsApp (GB WA), WhatsApp Plus, dan Fouad WhatsApp. Aplikasi-aplikasi itu memang menawarkan fitur-fitur yang tidak ada di WA original. Sayangnya, ada risiko dibalik aplikasi-aplikasi itu, yaitu akun WA original yang kamu punya akan diblokir sementara oleh pihak pengelola. Aplikasi modifikasi yang kamu gunakan pun juga akan rawan kena banned.

2. Menggunakan WhatsApp untuk Kepentingan Tidak Etis

Pelanggaran lain yang sering dilakukan adalah pemakaian WA untuk kepentingan tidak etis. Misalnya mengirimkan chat berbau spam dan SARA, atau membuat banyak grup tidak penting dan mengundang orang tidak dikenal untuk masuk ke dalamnya.  Jika pelanggaran-pelanggaran itu baru dilakukan sekali, pemblokiran yang dilakukan hanya bersifat sementara dan akunmu bisa pulih lagi secara otomatis. Tetapi, jika si pengguna masih saja bandel, bukan tidak mungkin WhatsApp akan memblokir mereka secara permanen, sehingga mereka pun tidak bisa memakai WhatsApp lagi.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir Sementara

Sebetulnya, WhatsApp yang diblokir bisa kembali pulih dengan sendirinya sesuai masa pemblokiran. Namun, jika pemblokiran disebabkan oleh pemakaian aplikasi modifikasi WA, kamu harus mengatasinya secara manual. Dibawah ini, ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengatasi WhatsApp yang diblokir sementara, khususnya yang disebabkan pemakaian WA modifikasi:

  • Tunggu sampai masa pemblokiran sementara selesai.
  • Pada WA modifikasi yang kamu pakai, kamu bisa buka menu Lainnya –> Chat –> Cadangan Chat.
  • Buka menu File Manager di ponselmu, lalu temukan folder dari WA modifikasi yang kamu pakai. Klik dan tahan folder tersebut, lalu pilih opsi Lainnya –> Ubah namanya menjadi WhatsApp.
  • Jika kamu belum punya WA ori, kamu bisa unduh aplikasinya di Play Store. Setelah itu, buka aplikasinya dan lakukan verifikasi nomor.
  • Buka opsi menu pencadangan, lalu klik Pulihkan –> Berikutnya. Dengan cara ini, WA ori akan termuat bersama dengan chat dari WA modifikasi yang sudah kamu pulihkan.

Akhir Kata

Tidak jarang, pihak pengelola WA akan memblokir sementara penggunanya. Adapun penyebabnya adalah pelanggan yang dilakukan si pengguna, baik itu berupa penggunaan WA modifikasi maupun pemakaian WA ori untuk kepentingan tidak etis. Pastikan kamu tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran itu supaya kamu tidak kena blokir sementara. Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat!

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA