by

Pemkab Jembrana Laksanakan Upacara Segara Kerthi dan Pelayanan Kesehatan Hewan

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten Jembrana melaksanakan Upacara Segara Kerthi, bertempat di Pura Segara, Desa Yehkuning, Kecamatan Jembrana, Bali, Sabtu (27/8/2022). Upacara tumpek uye tersebut sebagai wujud syukur dan terima kasih pada hewan.

Upacara tumpek uye atau tumpek kandang tersebut diperingati setiap enam bulan sekali yaitu, pada Saniscara Kliwon Wuku Uye. Adapun upacara tersebut meliputi, pecaruan manca sanak, mapekelem ke tengah laut serta persembahyangan bersama, yang dipuput (pimpin) oleh Ida Pedanda Gede Putra Kemenuh dari Griya Kusara Kemenuh Desa Batuagung.

Pelaksanaan perayaan tumpek uye dengan upacara segara kerthi juga salah satu implementasi dari Visi Kabupaten Jembrana ‘Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana.’ Dengan maksud penyucian lautan secara niskala untuk menjaga energi positif pada samudera.

Persembahyangan tersebut diikuti oleh jajaran OPD di Lingkup Pemkab Jembrana, perwakilan Forkopimda, Majelis Madya Kabupaten Jembrana, Majelis Alit Kecamatan Jembrana serta warga sekitar Desa Yehkuning.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Jembrana I Made Tarma mengungkapkan bahwa perayaan tumpek uye dimaknai sebagai momentum untuk memuliakan hewan dengan manfaat yang diberikannya kepada manusia. “Makna dari tumpek uye sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada hewan karena dapat membantu dalam kehidupan manusia sehari-hari,” ungkap I Made Tarma

I Made Tarma menjelaskan bahwa selain perayaan dengan melaksanakan persembahyangan, kegiatan tersebut juga disertai dengan pemberian pelayanan kesehatan pada hewan. Diantaranya, vaksinasi PMK, rabies dan penyemprotan desinfektan pada kandang ternak warga.

“Vaksinasi pada hewan ternak, dengan target 100 ekor, ini sudah berjalan, untuk vaksinasi PMK secara door to door, dan vaksinasi rabies dilaksanakan di Lapangan Desa Yehkuning dan beberapa warga sudah ada yang membawa hewan ternak,” jelas I Made Tarma

“Untuk kegiatan vaksinasi hewan melibatkan tim vaksinator dari Dinas Pertanian dan Pangan serta untuk penyemprotan desinfektan dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana dengan menyasar kandang-kandang hewan ternak warga di sekitar Desa Yehkuning,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA