by

Pemkab Jembrana Kick Off Vaksinasi Booster ke- II, Agar SDM Kesehatan Terlindungi Covid-19

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten Jembrana melaksanakan Kick Off vaksinasi Covid-19 booster ke- II untuk tenaga  Kesehatan, bertempat di Gedung Aula RSU Negara, Jembrana, Bali, Sabtu (6/8/22). Vaksinasi Covid-19 booster ke- II tersebut betujuan agar seluruh sumber daya manusia (SDM) kesehatan dapat terlindungi dari virus Covid-19, sehingga mampu memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat.

Vaksinasi booster tahap dua sebagai upaya antisipasi mencermati perkembangan kasus Covid-19 yang mengalami fluktuasi, terlebih akhir-akhir ini terjadi peningkatan kembali kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Jembrana kembali mengalami peningkatan. Hal tersebut diperkuat dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI Nomer, HK.02.02/C/3615/2022 tanggal 28 Juli 2022, tentang vaksinasi Covid-19 booster ke- II untuk sumber daya manusia Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadis) Kabupaten Jembrana Dr. Made Dwipayana mewakili Bupati Jembrana mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 boster tahap dua kepada tenaga kesehatan sebagai kelompok garda terdepan, sekaligus kelompok resiko tinggi yang terpapar Covid-19. “Pemberian vaksin booster ke- II ini dilakukan karena imunitas vaksin booster ke- I sudah menurun dalam kurun waktu enam bulan, oleh karena itu diperlukan vaksinasi booster ke-II untuk menguatkan kembali kekebalan tubuh,” ucap Dr. Made Dwipayana.

Kadiskes Dr. Made Dwipayana menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 berdampak negatif terhadap sistem kesehatan, tentu juga berdampak negatif terhadap kondisi perekonomian di Kabupaten Jembrana, meskipun sudah dilakukan pencegahan. Menurutnya, Kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak minimal 1-2 meter masih kurang maksimal.

“Inilah sebagai penyebab munculnya kasus baru, terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Jembrana. Adapun langkah selanjutnya perlu segera dilakukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan, tetapi juga diperlukan intervensi lain yang efektif untuk memutus mata rantai penularan penyakit yaitu, melalui upaya vaksinasi,” jelas Dr. Made Dwipayana.

Di sisi lain, Koordinator vaksin dr. Putu Sri Wardani mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 dosis booster ke- II untuk SDM kesehatan yang dilaksanakan sampai tanggal 10 Agustus 2022. “Kegiatan vaksinasi Covid-19 booster ke- II ini, dilakukan selama beberapa hari ke depan dengan sasaran seluruh tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum (RSU) Negara, dan untuk tenaga medis di luar RSU Negara akan segera di jadwalkan untuk di vaksin agar seluruh Nakes di Jembrana dapat terlindungi dari virus Covid-19, karena pelayanannya menjadi garda terdepan dalam pandemi ini,” ucap dr. Sri Wardani.

Ia juga menambahkan agar seluruh SDM kesehatan dapat tervaksin sampai jumlah target vaksin booster tahap dua untuk SDM kesehatan Rumah Sakit Umum Negara dapat terpenuhi. “Saat ini sudah ada 695 Nakes Kesehatan yang sudah di vaksin. Dan tahap pertama sudah 50 vial vaksin moderna untuk 1.400 Nakes dari jumlah 2.080 Nakes,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA