by

Pemkab Jembrana Gelar Lomba Sampan Tradisional, Bupati Tamba: Perlombaan Ini harus Kita Lestarikan

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Krisna didampingi Dandim 1617 Jembrana secara resmi melepas lomba sampan tradisional, ditandai dengan mengibarkan bendera start, bertempat di Muara Samblong di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali, (16/8/2022). Lomba sampan tersebut dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kota Negara ke-127 dan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Pemkab Jembrana kembali menggelar serangkaian kegiatan untuk memeriahkan hari-hari besar peringatan HUT Kota Negara dan HUT Kemerdekaan RI. Kegiatan yang masuk ke dalam kalender tahunan Pemkab Jembrana tersebut sempat vakum akibat pandemi Covid-19.

Dalam perlombaan kali ini ada 72 sampan mengikuti lomba tersebut. Lomba sampan tradisional saat ini menempuh jarak 5 kilometer dengan mengambil start di Pokdarwis Green Land Desa Budeng, Kecamatan Jembrana (sea com), sedangkan finisnya di Banjar Samblong, Kelurahan Sangkar Agung, dan setiap sampan dikemudikan berpasangan oleh dua orang kemudi.

Puluhan peserta lomba sampan tersebut beradu cepat untuk menjadi yang terdepan. Lomba yang memperebutkan hadiah puluhan jutaan rupiah tersebut mendapat perhatian yang cukup besar dari masyarakat Desa Perancak dan sekitarnya, terbukti dengan ramainya antusiasme para penonton yang bergerombol di tepian sungai, dari garis start sampai finish di Jembatan Samblong, Bupati Tamba juga turut menyaksikan langsung perlombaan tersebut dari garis start sampai finish.

Usai penyerahan hadiah kepada pemenang Bupati Tamba mengatakan bahwa kegiatan perlombaan tersebut adalah selain bisa untuk menyalurkan hobi, kegiatan itu juga untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, baik itu olahraga prestasi maupun olahraga tradisional. “Lomba sampan tradisional ini harus kita lestarikan dan lomba ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” ucap Bupati Tamba.

Adapun pemenang di perlombaan tersebut yaitu, I Komang Narta dengan pasangan Wayan Dela berasal dari Desa Samblong berhasil meraih Juara pertama, mengalahkan 71 peserta lainnya. Setelah mencapai garis finish keduanya merasa bahagia atas juara yang meraka raih, dan keduanya berhak mendapatkan piala dan uang tunai sebesar Rp2,5 juta yang diserahkan langsung oleh Bapak Bupati Jembrana,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA