by

Patriot Desa Karanganyar Bersama Dosen UBP Karawang Adakan Pelatihan Budidaya Kacang Sanca Inchi

KOPI, Karawang – Patriot Desa bersama Dosen Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang mengadakan kegiatan pelatihan budidaya dan penanaman tanaman, Sabtu (20/8/22), bertempat di Desa Karanganyar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Pelatihan tersebut mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat dan Petani untuk Budidaya Tanaman Kacang Sanca Inchi dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Karanganyar”.

Kegiatan tersebut dihadiri Kelompok Wanita Tani (KWT) Sahate, masyarakat Desa Karanganyar, dan beberapa mahasiswa yg sedang menjalani KKN di desa Karanganyar.

Dalam pemaparannya, Dosen UBP menyampaikan tahapan-tahapan penanaman, manfaat dari tanaman Sacha Inchi, dan cara pemasaran atau penjualan biji Sacha Inchi tersebut. Selain Itu, kegiatan tersebut dapat terselenggara berkat peran Patriot Desa yang membuka kerjasama dengan Asosiasi Kacang Sanca Inchi, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Jaja selaku Anggota bagian Pemasaran dan Abdurahman selaku Ketua Umum Asosiasi Kacang Sanca Inchi yang menjadi salah satu narasumber pada pelatihan ini.

Sacha inchi merupakan jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak manfaat, salah satunya mengandung omega 3. Cara penanamannya pun tidak terlalu sulit, seperti pada biasanya penanaman biji tanaman lain. Dan biasanya Sacha Inchi panen selama 6 bulan sekali.

“Adapun manfaat dari biji Sacha Inchi bisa diberdayakan menjadi minyak kulit, minyak yang bisa diminum, atau obat-obatan yang bisa mengatasi penyakit kolesterol tinggi. Bukan hanya itu, bisa juga dibuatkan menjadi coklat yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak sekaligus orang dewasa,” ujar Abdurahman selaku narasumber.

Kelompok Wanita Tani Sahate ini tentunya menjadi target dari asosiasi untuk memperluas budidaya Kacang Sanca Inchi ini, karena tanaman ini belum terlalu familiar di Kabupaten Karawang. “Mudah-mudahan KWT Sahate bisa menjadi File Projects Asosiasi dan Universitas Buana Putra untuk mengembangkan Budidaya Tanaman Kacang Sanca Inchi ini serta bisa dijadikan sebagai desa percontohan dalam budidaya tanaman Kacang Sanca Inchi,” ujar Ujang Sophan Mubarok selaku Patriot Desa.

Tidak hanya dengan pelatihan saja, Patriot Desa dengan Universitas Buana Putra Karawang akan mendampingi para petani/KWT Sahate dari mulai penanaman sampai panen, serta mengedukasi petani dalam pembuatan produk Kacang Sanca Inchi pasca panen.

Jaja selaku anggota asosiasi, siap menampung hasil panen, berapapun hasil panennya. “Kami siap berkerjasama dengan KWT Sahate dan akan disiapkan Kontrak MOU perjanjian Kontrak antara KWT Sahate dengan Asosiasi Kacang Sanca Inchi untuk menunjang budidaya tanaman kacang sanca inchi lebih produktif ke depannya,” lanjut Jaja.

Patriot Desa menambahkan, “Alhamdulillah kegiatan ini sangat didukung penuh oleh Kepala Desa Karanganyar Udin Nuridin, semoga rencana dan inisiatif ini bisa berjalan dengan baik.” (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA