by

Jenis Madu yang Populer di Pasaran dan Ciri Khasnya

KOPI, Jakarta – Sejak zaman dahulu, madu terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Parents dan keluarga dapat memperoleh faedah dari madu dengan mengkonsumsinya langsung atau digabung ke minuman atau makanan lain. Tetapi tahukah Parents ada berapakah tipe madu yang tersebar di pasar?

Mencuplik dari Kompas, madu dibuat oleh lebah. Tetapi ada banyak lebah yang mempunyai pekerjaan tertentu yang turut serta dalam pembikinan madu ini. Pertama, lebah madu yang bekerja untuk kumpulkan nektar akan mengisap nektar yang ada di sebuah bunga. Lebah madu akan kumpulkan nektar dari beberapa puluh sampai beberapa ratus bunga.

Saat nektar masuk ke perut lebah madu, enzim yang ada mekanisme pencernaan mereka akan merusak gula kompleks yang terdapat di dalam nektar ke gula yang lebih simpel. Formasi kimia dalam zat gula itu akan berbeda.

Lebah madu selanjutnya akan pulang ke sarangnya dan mengalihkan nektar yang ada dalam perut mereka ke beberapa lebah rumah, yakni lebah yang diam di sarang. Selanjutnya nektar itu akan ditempatkan ke beberapa sel lilin madu atau beeswax yang ada di sarang lebah. Lebah rumah akan mengganti nektar jadi madu dengan mengeringkannya memakai angin dari kepakan sayap mereka.

Bahan khusus madu yakni nektar datang dari bunga. Tetapi ada banyak beberapa jenis bunga yang tentu saja hasilkan nektar yang lain. Masing-masing bisa menjadi madu dengan warna, aroma, dan rasa yang lain. Berikut beberapa macam madu yang cukup terkenal di Indonesia dan terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan.

Madu Manuka

Seperti dilansir dari Liputan6, madu Manuka ialah tipe madu yang dari Selandia Baru dan Australia Selatan. Tipe madu ini datang dari lebah yang ambil nektar dari tanaman Leptospermum scoparium atau semak manuka.

Madu ini mempunyai keunikan kekebalan bakteri yang semakin tinggi dibanding tipe madu yang lain. Maka dari itu, madu ini biasanya dipasarkan pada harga yang lumayan tinggi, tetapi mempunyai kekuatan pengobatan seperti menyembuhkan cedera, menangani sakit kerongkongan, sampai menahan penyakit tukak lambung.

Jenis Madu Akasia

Madu Akasia sering dipandang seperti salah satunya madu yang terbaik di dunia. Madu ini sebagai tipe madu organik yang murni datang dari nektar bunga pohon belalang hitam. Pohon belalang hitam atau Robinia pseudoacacia ini umum diketemukan di Amerika Utara dan di Eropa. Keunikan madu yang dibuat dari pohon ini ialah rasanya yang paling manis dan berwarna yang jernih seperti air.

Clover Honey

Madu tipe Clover Honey yang dari tanaman semanggi ini saat ini sedang populer. Masalahnya Clover Honey di-claim banyak memiliki faedah untuk kesehatan seperti menurunkan tanda-tanda flu, menangani tanda-tanda penyakit kulit dermatitis atau eksim, dan menurunkan masalah aliran cerna karena memiliki kandungan probiotik.

Jenis Madu Uray

Madu Uray ialah madu ciri khas Indonesia yang dibikin tanpa lewat proses kimiawi apa saja hingga hasilkan madu yang murni dan alami. Tipe madu ini cuma didapat dari lebah yang ada di rimba, bukan lebah yang menyengaja diternakkan. Madu Uray dipercayai bisa menolong memiara ketahanan badan dan kesehatan.

Madu Hutan

Terdapat beberapa jenis madu rimba yang berada di tanah air yang dari beberapa daerah yang lain. Sebagai contoh, ada madu rimba Sumatera, Kalimantan, Sumbawa, Jambi, Madu Baduy, dan Timor. Madu rimba berguna untuk tingkatkan selera makan, turunkan tekanan darah dan kolesteron, sampai tingkatkan stamina.

Baca Juga : Moon Herbal Indonesia

Madu Hitam Pahit

Tak seperti madu secara umum yang mempunyai cita-rasa manis dan warna cokelat, madu yang dari pohon mahoni mempunyai warna hitam dan rasa pahit. Tipe madu ini biasanya dinamai madu Hitam Pahit.

Madu Hitam Pahit memiliki kandungan senyawa alkaloid yang membuat berasa pahit dan bisa menolong jaga ketahanan badan. Kandungan senyawa flavonoid pada madu hitam semakin tinggi dibanding madu biasa.

Jenis Madu Kaliandra

Seperti namanya, madu Kaliandra datang dari nektar bunga Kaliandra. Madu Kaliandra mempunyai kandungan glukosa yang semakin tinggi dibanding fruktosanya hingga lebih gampang mengkristal dibanding tipe madu yang lain. Keunikan madu ini ialah berwarna yang kuning ceria dan mempunyai struktur serat lembut. Secara nyata, madu ini serupa dengan minyak, namun lebih kental.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA