by

Hadiri Festival STT, Bupati Tamba: Siapkan Generasi Mudah Menyambut Jembrana Emas 2026

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba beserta Nyonya Candrawati Tamba menghadiri arem festival pertama Sekeha Teruna Teruni (STT) Eka Cita, bertempat di Lingkungan Menega, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu (20/8/2022). Festival Arek Menega (Arem) STT tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat generasi muda-mudi Jembrana.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Pengelingsir Puri Pacekan, Camat Jembrana, Kelian Adat, Kepala Lingkungan Menega. 

Festival Arek Menega (Arem) STT tersebut juga menggelar pentas seni puncak untuk memeriahkan peringatan HUT Kota Negara ke-127 dan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Sebelum acara puncak arem festival tersebut digelar, terlebih dahulu diadakan kegiatan jalan santai, pembagian nasi bungkus gratis dan berbagai perlombaan tradisional serta pelepasan tukik di Konservasi tukik Perancak.

Ketua Panitia Ni Kadek Erika Apriliana Pitri mengatakan bahwa event tersebut bertemakan ‘Gemah Ripah Loh Jinawi’ simbol perjuangan masyarakat Kabupaten Jembrana sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut merupakan cita-cita untuk menciptakan ketentraman dan perdamaian, kesuburan, keadilan, kemakmuran, tata raharja yang mulia dan abadi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati beserta jajarannya atas kehadiran dan dukungan kepada kami anak-anak muda STT Eka Cita, Jika dikaitkan dengan visi misi Kabupaten Jembrana, kegiatan ini juga mendukung mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia,” ucap Ni Kadek Erika Apriliana pitri.

Sementara Bupati Tamba sangat bangga dengan semangat kreativitas kegiatan yang dilakukan STT Eka Cita. “Kalau semua Sekaa Teruna Teruni seperti ini, sudah pasti menjadi generasi muda yang maju dan handal untuk kemajuan Kabupaten Jembrana,” ungkap Bupati Tamba. 

Lanjutnya, Bupati Tamba menjelaskan bahwa STT Eka Cita Lingkungan Menega sudah memberikan contoh dan berperan aktif di Kabupaten Jembrana. Apalagi telah berprestasi setelah berhasil mendapatkan juara 1 lomba ogoh-ogoh Kabupaten dan Provinsi serta juara 1 lomba layang-layang memperingati HUT Kota Negara. 

“Kepada anak-anak STT Eka Cita, kami mengajak untuk ikut dalam pelatihan bahasa inggris gratis oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana dalam mempersiapkan generasi muda dalam menyambut Jembrana tahun emas 2026,” jelas Bupati Tamba.

Lebih Lanjut, Bupati Tamba memaparkan bahwa rencana groundbreaking Tol Gilimanuk-Mengwi pada 10 September 2022 yang bersamaan dengan pembangunan tempat wisata modern di Pekutatan. Investasi tersebut diprediksi mampu menyerap tenaga kerja mencapai 20 ribu orang.

“Tentu anak-anak muda Jembrana harus mengambil peluang tersebut, untuk itu kita harus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dari sekarang,” paparnya.

Bupati Tamba juga menambahkan kepada anak-anak muda tetap semangat dan berkreatifitas. “Ini adalah sebagai ajang anak-anak muda untuk belajar, ke depannya anak muda akan menjadi calon-calon pengusaha dan pekerja yang sukses,” imbuhnya.

Di akhir acara  Bupati Tamba menyerahkan bantuan dana kepada STT Eka Cita sebesar Rp3 juta yang diterima Ketua panitia Ni Kadek Erika Apriliana Pitri didampingi Ketua STT Eka Cita Bagus Lanang Darma Wigunanta. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA