by

Bupati Jembrana Buka Pameran IKM dan UMKM untuk Menuju Masyarakst Jembrana Bahagia

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna dan didampingi Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Kadis Koperindag) Jembrana I Komang Agus Adinata membuka pameran industri kerajinan dan festival kuliner, dengan tema ‘Menuju Masyarakat Jembrana Bahagia,’ bertempat di Angkringan Negaroa Bahagia, Jembrana, Bali, Jumat (12/8/2022). Pameran IKM dan UMKM Pesta Rakyat Jembrana tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT kota Negara ke-127 dan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Dalam sambutannya Bupati Tamba menyampaikan bahwa pameran tersebut sempat vakum selama pandemi Copid-19, pembukaan pameran kali ini dikunjungi ribuan masyarakat, berbeda dengan pameran tahun-tahun sebelumnya yang ditempatkan di area Parkir Kantor Bupati, Pameran tahun 2022 sekarang digelar di Angkringan Negaroa Bahagia. “Saya sangat berbahagia sekali memilih tempat ini, karena di sini ada Angkringan Negaroa Bahagia, oleh karena itu harus ada kolaborasi yang bagus agar bisa berjalan dengan baik,” tandas Bupati Tamba.

Terkait dengan pengembangan UMKM Bupati Tamba mengatakan bahwa di tahun 2022 telah memperoleh dua tempat pusat industri kerajinan dan budaya, dari bantuan Pemerintah Pusat yaitu, Gedung Sentra Tenun dan Sirkuit All in One. “Tahun ini kita mempunyai dua destinasi yang dibuat dengan bantuan Pemerintah pusat, kita sudah berhasil mendapatkan gedung sentra tenun, saya melihat di pameran industri, teman-teman pengerajin tenun begitu semangat, nanti seluruh produknya akan kita pamerkan di Sentra Tenun Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba mengungkapkan bahwa acara tersebut sangat menggembirakan. Untuk seluruh produk UMKM, baik itu makanan, kerajinan maupun lukisan akan ditampung di Sentra Tenun Jembrana, sehingga di sentra tenun itu juga menjadi pusat oleh-oleh khas Kabupaten Jembrana.

Untuk menuju Jembrana emas 2026, hal tersebut menjadi tantangan dan peluang bagi masyarakat Jembrana untuk meningkatan kapasitas usaha karena pada pada tahun emas tersebut diprediksi kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara akan mengalami peningkatan yang signifikan, hal tersebut didukung dengan adanya jalan tol Gilimanuk-Mengwi dan destinasi wisata modern Taman Kerthi Bali Semesta di Kecamatan Pekutatan.

“Saya meminta kepada masyarakat Jembrana dapat meningkatkan kreatifitas dan kapasitas diri, agar dapat mengoptimalkan potensi sumber daya ekonomi yang tersedia dalam program pembangunan tersebut, sehingga dapat menghasilkan produk-produk barang maupun jasa yang mempunyai daya saing yang kuat dalam merebut pangsa pasar,” ungkap Bupati Tamba.

Sementara itu, Kadis Koperasi, usaha kecil mikro (UKM), Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana I Komang Agus Adinata mengatakan bahwa “pameran IKM dan UMKM pesta rakyat Jembrana merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan untuk tahun 2022 ini sudah memasuki penyelenggaraan yang ke-16 dan sempat tertunda selama dua tahun karena pandemi Covid-19,” ucap I Komang Agus Adinata.

Lanjutnya, Kadis Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata menjelaskan bahwa dalam rangka pemulihan perekonomian Kabupaten Jembrana untuk menuju Jembrana emas 2026, pengembangan sektor IKM perlu dilakukan agar bisa bersaing di pasar global. “Saatnya kita harus mulai bangkit untuk menata kembali berbagai sektor khususnya industri kerajinan kreatif dan usaha mikro kecil menengah agar bisa bersaing untuk menembus pangsa pasar,” jelas Komang Agus Adinata.

Lebih lanjut, Kadis Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata mengharapkan melalui kesempatan tersebut dapat meningkatkan partisipasi IKM dalam pameran, sebagai ajang promosi produk-produk yang dihasilkan. “Kami mengajak IKM dan UMKM untuk ikut berpartisipasi dalam pameran ini, dengan tujuan untuk mempromosikan dan menampilkan informasi produk-produk unggulan yang dimiliki Kabupaten Jembrana, serta sebagai media untuk mempererat hubungan antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat,” harap Kadis Koperindag I Komang Agus Adinata.

Terkait hal tersebut Kadis Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata juga menambahkan bahwa pameran tersebut dilaksanakan selama satu minggu dengan menampilkan 79 stand pameran. “Untuk pameran IKM dan UMKM pesta rakyat Jembrana tahun 2022 ini, berlangsung mulai 12-18 Agustus 2022, terdiri dari, kelompok IKM dan UKM sebanyak 31 stand, Kuliner sebanyak 23 stand, instansi sebanyak 16 stand dan otomotif sebanyak 9 stand,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA