by

Wali Kota Lubuklinggau Terima Penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden

KOPI, Medan – Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menerima penghargaan Satya Lencana Wira Karya yang dianugerahi langsung oleh Presiden Republik Indonesia, H Joko Widodo saat puncak acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29, bertempat di Lapangan Merdeka, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kamis (7/7/2022).

Menurut Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, penerima penghargaan Satya Lencana Wirakarya adalah, mereka yang berperan aktif meningkatkan program pembangunan sumber daya manuasia (SDM) dan inovasi dalam upaya penurunan angka stunting.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya menyebutkan bahwa kemandirian pangan itu penting. Oleh karenanya dia mengajak bupati, utamanya wali kota agar masyarakatnya dapat memanfaatkan lahan sekecil apapun untuk menanam, berproduksi kebutuhan pangan sehari-sehari.

“Jangan sampai ada lahan kosong, manfaatkan untuk asupan gizi anak-anak kita, karena mereka tersebut adalah penentu wajah masa depan Indonesia. Kalau anak-anak kita pintar, cerdas, maka kita mampu bersaing dengan negara lain. Tapi kalau anak kita stunting,, tentu akan mengalami kesulitan bersaing dengan negara lain dalam berbagai bidang,” tutur Presiden.

Mengenai stunting, Jokowi mengatakan bahwa pada 2014 lalu, Indonesia masih berada diangka 37 persen. Kemudian pada 2021, mengalami penurunan hingga berada dikisaran angka 24 persen. “Dan target kita di tahun 2024 mendatang, turun lagi hingga tersisa 14 persen,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Kamis, (7/7/2022), Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Petisah, Kota Medan. Presiden membagikan sejumlah bantuan sosial bagi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan para pedagang. Selepas itu, Presiden meninjau Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Kampung Baru, Kota Medan, sekaligus berdialog dengan perwakilan petani sawit.

Pada siang harinya, Presiden akan menuju Pusat Pasar, Kota Medan, untuk kembali menyerahkan sejumlah bantuan sosial. Presiden kemudian diagendakan untuk meninjau bedah rumah panggung di Kecamatan Belawan, Kota Medan.

Selesai seluruh rangkaian acara, Presiden Jokowi akan menuju Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan, untuk kemudian lepas landas ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA