by

Tutorial Atasi Ponsel Android Lemot yang Paling Ampuh

KOPI, Jakarta – Ketika melihat hp Android lemot, pasti kamu sangat bete bahkan memiliki rencana untuk membeli yang baru. Tenang, kamu jangan terburu-buru untuk membeli ponsel android yang baru. Mengingat saat ini akan dijelaskan mengenai beberapa tutorial atasi hp android lemot.

Kalau berbicara soal Android pastinya kamu tahu bahwa Android terus berkembang dengan menawarkan spesifikasi tinggi. Bahkan kini sudah ada jaringan 5G yang siap bikin kamu lancar berselancar internet.

Walau demikian, sering kali muncul masalah yang tidak bisa dihindari yaitu hp android lemot. Ada banyak hal yang menyebabkan android kamu lemot, mulai dari RAM kecil hingga memory penyimpanan penuh.

Tutorial Mengatasi Hp Android Lemot

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa tutorial mengenai atasi hp android lemot. Selengkapnya bisa simak ulasannya berikut ini yang kami kutip dari situs Detakkampar.co.id :

Membersihkan cache

Apabila data chace Android dibiarkan terus menumpuk maka bisa menyebabkan Android lemot. Kalau kinerjanya lambat akan membuat kamu tidak optimal menggunakan ponsel.

Langkah untuk mengatasi masalah ini adalah menghapus cache secara rutin. Terlebih ketika ponsel kinerjanya sudah mulai melambat silahkan langsung membersihkan cache.

Update secara berkala

Sebagai pemilik ponsel android kamu perlu melakukan up to date secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memperbarui sistem operasi, memperbaiki bug, hadirnya fitur baru, dan meningkatkan sistem keamanan.

Cara melakukannya cukup mudah :

  • Membuka menu settings
  • About  Phone
  • System Update

Apabila ada versi software terbaru maka segera lakukan pembaruan. Nah, dengan versi terbaru maka android kamu akan mendapatkan peningkatan.

Nonaktifkan aplikasi yang tidak bisa digunakan

Biasanya aplikasi bawaan Android tidak gunakan sehingga membuat memori ponsel cukup sesak. Kamu tidak bisa uninstall aplikasi bawaan ini secara manual, caranya dengan disable atau nonaktifkan aplikasi.

Cara nonaktifkan aplikasi bawaan : 

  • Menuju menu setting
  • Menuju apps
  • Pilih aplikasi bawaan dan tap tombol disable

Mengubah animasi layar

Perlu kamu ketahui bahwa Android memiliki pengaturan untuk mempercepat efek layar. Kamu bisa mengurangi agar Android kamu tidak lemot. Nah, agar lebih jelasnya bisa ikuti tutorial berikut :

  • Menuju menu settings
  • About Phone
  • Software information
  • Build number
  • Silahkan klik menu build number sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan pengaturan pengembang.
  • Kalau sudah aktif kembali ke menu setting
  • Developer opstions
  • Window animation scale untuk memilih opsi “0,5x”

Hindari Live Wallpaper

Faktor lain yang menyebabkan kinerja android lemot adalah penggunaan live wallpaper. Mengingat aplikasi live wallpaper ini tetap jalan di latar belakang. Ketika CPU dan RAM terlalu sibuk menyiapkan ruang maka ponsel akan lemot, jadi hindari penggunaan live wallpaper.

Itulah penjelasan mengenai beberapa tutorial atasi ponsel android lemot. Silahkan ikuti langkah-langkah di atas agar ponsel android kembali lancar dan cepat. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA