by

Riswan Surbakti Terpilih Sebagai Ketua Harian DPP Perkumpulan Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia

KOPI, Sumatera Utara – Riswan Surbakti terpilih sebagai Ketua DPP Perkumpulan Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PPHRI). Hal ini sesuai kesepakatan dalam rapat pleno dan tertutup yang dilaksanakan di Hotel Grand Kanaya Medan, Kamis (30/06/2022).

Rapat dihadiri beberapa orang dewan pendiri, dewan pembina, dan pengurus organisasi yang dipersaksikan langsung Rizky Djamaluddin, Ketua DPP-PPHRI, dan Sekretaris Umum Deabbie Maesri. Pemilihan dilaksanakan sudah sesuai AD/ART organisasi yang didirikan pada Sabtu (23/01/2021) di Hotel Grand Antares Medan.

Rapat pleno dan tertutup dimulai sesudah makan malam bersama dan diarahkan kepada tiga hal, yaitu pertama pemilihan ketua harian yang akhirnya memilih Riswan Surbakti, sosok hotelier yang sudah tidak perlu lagi diragukan kemampuannya dalam industri dan organisasi pariwisata. Selanjutnya yang kedua adalah program-program apa saja yang segera bisa dijalankan PPHRI dalam waktu dekat dan ketiga tentang keberlanjutan dan kiprah PPHRI di nasional dan masa depan.

Dan dihasilkanlah akhirnya dalam rapat, beberapa hal penting. Selain pemilihan Ketua Harian, adalah segera dilaksanakannya kepanitiaan seminar tentang perlindungan hukum terhadap pelaku bisnis usaha hotel dan restoran juga cafe oleh pakar hukum atas fenomena yang sedang dihadapi hotel dan restoran saat ini. Selanjutnya adalah melakukan pekan pelatihan dan pelayanan gratis di bidang perhotelan kepada staf-staf hotel dan restoran serta cafe, lalu disusul kegiatan aksi sosial yang kesemuanya tertuang sesuai AD/ART PPHRI yang disusun.

“Pemilihan Ketua Harian sudah sesuai AS/ART pertimbangan memilih Pak Riswan Surbakti karena pengalaman beliau di industri perhotelan sudah tidak diragukan lagi, pengalaman dan kesiapan beliau jadi modal kuat, PPHRI dapat semakin agresif, kreatif dan bermartabat sesuai mottonya, percepatan program-program setelah pandemi akibat Covid-19 yang berangsur-angsur pulih ini semoga dapat diwujudkan segera dan semoga semakin mengukuhkan PPHRI di tanah air yang keberadaan nya pasti bersinergi dengan kebijakan pemerintah pusat dan daerah,” ungkap Rizky.

“PPHRI sendiri dinantikan selalu kiprah dan kehadirannya sebab aka  berperan penting sebagai mitra strategis pemerintahan dan swasta dalam pengembangan industri kepariwisataan di tanah air,” tambah Rizky.

Sementara itu Riswan Surbakti, Ketua Harian yang terpilih, dalam rapat menyampaikan terima kasih dan segera berkoordinasi untuk merealisasikan apa yang menjadi harapan semua peserta rapat untuk keberjayaan PPHRI.

“Terima kasih atas amanah dan kepercayaan ini, dan segera saya akan berkoordinasi dengan masing-masing bidang, dann juga membentuk kepanitiaan untuk beberapa program yang telah disepakati bersama, mohon dukungan dan keaktifannya agar semuanya dapat berjalan baik, sukses dan lancar,” ucap Riswan Surbakti yang saat ini memiliki tugas dan tanggung jawab juga sebagai General Manager mewakili Le Polonia Hotel & Convention Medan.

“Semua program dan apa hasil rapat mencapai mufakat hanya akan terwujudkan bila semua pengurus dan anggota turut serta dan bersungguh-sungguh juga sebagaimana yang disampaikan Ketua Umum, untuk itu terima kasih sekali lagi saya ucapkan untuk Ketua Umum DPP PPHRI, Pak Rizky juga Sekretaris Umum, Pak Deabbie Masri, Dewan Penasehat Pak Nasrun Lubis dan semua pengurus yang ikut rapat pada malam yang luar biasa ini,” lanjut Riswan.

Sebagaimana diketahui PPHRI adalah organisasi yang berorientasi kepada pembangunan dan peningkatan kepariwisataan dan industri ekonomi kreatif. Yang ikut serta juga dalam melaksanakan pembangunan nasional. Merupakan wadah pemersatu dalam memperjuangkan dan menciptakan iklim usaha yang sehat, menyangkut harkat dan martabat para pengusaha yang bergerak dalam bidang jasa pariwisata, perhotelan, jasa makanan dan minuman serta lembaga pendidikan pariwisata dan ekonomi kreatif.

PPHRI dalam menjalankan fungsi dan tugasnya adalah membina dan mengembangkan usaha yang bergerak di bidang jasa perhotelan, akomodasi, usaha jasa makanan dan minuman, rekreasi, hiburan, lembaga pendidikan pariwisata dan ekonomi kreatif tersebut. Aktif dalam pengembangan potensi kepariwisataan daerah dan nasional secara serasi, seimbang, selaras antara pemerintah, swasta dan masyarakat.

Yang harus publik ketahui juga, PPHRI membantu dan membina para anggota, memberikan perlindungan, menerima masukan, memberikan bimbingan dan konsultasi. Dalam hal apa? Dalam hal pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan SDM anggota. Menggalang kerja sama dan solidaritas sesama anggota dan seluruh unsur serta potensi kepariwisataan daerah, nasional dan internasional adalah fungsi dan tugas lainnya termasuk berperan aktif dalam kegiatan promosi di dalam dan luar negeri di berbagai kesempatan untuk memantapkan iklim usaha kepariwisataan yang bermartabat dan beretika.

Tentu saja PPHRI juga melakukan kegiatan penelitian, perencanaan usaha hingga berhasil termasuk melakukan koordinasi dan kerja sama dengan berbagai lembaga terkait dan asosiasi profesi jasa pariwisata lainnya dalam memajukan industri pariwisata di tanah air. Memajukan dan menumbuhkan semangat kepariwisataan tersebut dalam kehidupan pribadi, masyarakat dan seluruh potensi bangsa juga menjadi fungsi dan tugasnya.

Rapat pleno dan tertutup PPHRI dihadiri selain oleh Ketua DPP PPHRI Rizky Djamaludin, Sekretaris Umum Deabbie Masri, Riswan Surbakti, Ketua Harian PPHRI terpilih dan Dewan Penasehat Nasrun Lubis juga dihadiri para Dewan Pendiri antara lain Afwandi, Jittar Manurung, Ferdinand Lumbantobing, Paraduan Pakpahan, S.H, Ahmad Syafi’i Nasution, S.H, M. H, Jafar Gultom, dan para pengurus Yan Djuna, Erry Tan, Ivan Benedict, dan Helmi Fadly. (YD)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA