by

Pemkab Jembrana Gelar Progam Inovasi ‘Jebolan’ KTP -el di SMK PGRI 2 Negara

KOPI, Jembrana – Pemkab Jembrana melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Jembrana menggelar Program inovasi ‘JEBOLAN’ Jemput Bola tahap ke II perekaman KTP eloktronik untuk usia 16 tahun ke atas di tingkat siswa SMK yang menyasar SMK PGRI 2 Negara yang beralamat di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Kamis (20/7/2022). Progam inovasi ‘JEBOLAN’ KTP-el tersebut bertujuan untuk mempermudah dan jemput bola pelayanan masyarakat di tingkat siswa SMK PGRI 2 Negara.

Progam KTP-el adalah Progam Nasional yang dikelola oleh Pemerintah Pusat c.q Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri, yang diterapkan oleh Pemerintah Daerah. Yang menjadi leading sector di daerah adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, berkordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainya, yang terkait dengan progam KTP-el.

Kali ini Pemkab Jembrana melalui Dinas Dukcapil Kabupaten Jembrana giliran menyasar sekolah swasta melakukan perekaman KTP-el di SMK PGRI 2 Negara. Dalam pelaksanaan ‘JEBOLAN’ tersebut bukan hanya dilakukan di sekolah negeri saja, melainkan juga di sekolah swasta se- Kabupaten Jembrana.

Lanjutnya, Kadis Dukcapil Kabupaten Jembrana I Wayan Sudana memberikan sambutan dan arahan kepada para siswa SMK PGRI 2 Negara bahwa pentingnya memiliki KTP dalam administrasi kewarganegaraan setelah lulus untuk melanjutkan kejenjang universitas maupun untuk perlengkapan membuka usaha sendiri. “Untuk mengikuti rekaman KTP-el ini, para siswa harus membawa Kartu Keluarga (KK) supaya bisa mengambil data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan langsung terdata, supaya di usia 17 tahun para siswa sudah memiliki KTP, dari pihak sekolah bisa langsung mengambil ke Disdukcapil dan dibagikan ke para siswa,” ucap Kadis Dukcapil I Wayan Sudana.

Usai memberikan pengarahan kepada siswa SMK PGRI 2 Negara, saat diwawancarai awak media Pewarta Indonesia Kadis Dukcapil Kabupaten Jembrana, I Wayan Sudana mengatakan bahwa ia selaku penanggungjawab yang diberi amanat oleh Bapak Bupati khususnya di bidang administrasi kependudukan. Sehingga apa yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu inovasi Pemkab Jembrana.

“Agar ke depan lebih baik, sehingga masyarakat Jembrana menjadi bahagia dan di samping itu juga, inovasi semacam ini merupakan hal yang harus kita laksanakan diantaranya yaitu, Dukcapil bekerjasama dengan Depag, di bidang Akte Perkawinan dan termasuk sekolah-sekolah di tingkat SMA yang ada di Kabupaten Jembrana, kita akan Jemput Bola khususnya dalam perekaman KTP-el, tujuan apa? Agar penduduk Jembrana kalau sudah berumur 17 tahun wajib memiliki KTP dengan indentitas NIK yang dimiliki,” ujar Kadis Dukcapil I Wayan Sudana.

Lebih lanjut Kadis Dukcapil I Wayan Sudana menjelaskan bahwa “Harapan kami ke depan tidak ada lagi masyarakat Jembrana yang tanpa indentitas KTP. Sehingga apabila sudah tamat sekolah dari SMK PGRI 2 Negara ini, kalau mau melamar kerja KTP pasti diperlukan. Nah itulah tujuan kami, jangan sampai salah satu syarat tersebut tidak terpenuhi dan akhirnya gagal sebagai pelamar,” jelas Kadis Dukcapil I Wayan Sudana.

Kadis Dukcapil Jembrana I Wayan Sudana menyampaikan ucapan “Terimakasih Bapak Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Negara yang telah menyediakan tempat, fasilitas dan waktu kepada kami, sehingga acara perekaman KTP-el dapat berjalan lancar, mudah-mudahan kerjasama ini dapat meningkatkan pelayanan masyarakat dan siswa, dengan demikian siswa dapat mengetahui hak dan kewajibannya sebagai warga Negara Indonesia,” ucap Kadis Dukcapil I Wayan Sudana.

Sementara itu, Kabid Dukcapil Komang Sujana juga menambahkan bahwa untuk anak-anak yang berumur 16 tahun ke atas mereka sudah terdata. Sehingga nantinya memasuki umur 17 tahun sudah memiliki KTP-el, karena mereka sudah melakukan rekaman.

“Banyak sekali keuntungan program ini, apalagi dalam dua tahun ke depan akan ada pemilu, anak-anak yang sudah berusia 17 tahun, sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya dalam pemilu tahun depan,” ujar Kabid Dukcapil Komang Sujana.

Terkait hal tersebut, Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Negara, Komang Wira S.Pd, menyampaikan ucapan berterima kasih kepada Pemkab Jembrana melalui Dinas Dukcapil Kabupaten Jembrana yang sudah menggelar perekaman KTP-el di SMK PGRI 2 Negara. Sehingga para siswa memiliki KTP tanpa harus datang ke kantor Dinas Dukcapil.

“Ini membuktikan bahwa pelayanan di Kabupaten Jembrana sangat bagus, dari satu sisi pihak sekolah juga diringankan pendataannya, yaitu secara kolektif, ini menunjukkan bahwa pelayanannya sangat baik untuk para siswa, dan saya sangat bahagia melihat adanya program inovasi ‘JEBOLAN’ Perekaman KTP-el ini, sehingga dapat mempermudah pelayanan di tingkat siswa khususnya di SMK PGRI 2 Negara. Selama ini khususnya anak-anak didik rata-rata hampir 50 persen belum memiliki KTP,” ucap Kepsek PGRI 2 Negara Komang Wira.

Dari salah satu siswa SMK PGRI 2 Negara l Gusti Kadek Antara Merta kelas XI jurusan BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran) yang mewakili siswa lainnya. “Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Pemkab Jembrana dengan adanya program ‘JEBOLAN’ KTP-el ini, khususnya kepada Disdukcapil Kabupaten Jembrana yang sudah memprogramkan inovasi ini. Saya merasa sangat terbantu dengan adanya perekaman KTP-el ini, setelah saya lulus sekolah nanti langsung memiliki KTP, dan saya sangat bahagia semoga kegiatan ini terus berlanjut menyasar ke sekolah-sekolah lainya,” ucap I Gusti Kadek Antara Merta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jembrana, I Wayan Sudana; Kepsek SMK PGRI 2 Negara, Komang Wira S. Pd; Kabid Dukcapil Jembrana, I Komang Sujana dan para Guru serta siswa SMK PGRI 2 Negara. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA