by

Pemkab Jembrana Cairkan TPG, Bupati Tamba: Kita Bersyukur bisa Cairkan Hari Ini

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana mencairkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) Semester II triwulan I secara simbolis kepada ASN Khusus Guru di Lingkungan Pemkab Jembrana, bertempat di Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Bali, Selasa (12/7/2022). Pencairan dana Tunjangan Profesi Guru (TPG) tersebut bertujuan untuk memberi penghargaan kepada Guru PNSD sebagai tenaga profesional dalam melaksanakan sistem pendidikan nasional.

Adapun total anggaran yang dialokasikan untuk TPG tersebut sebesar Rp11.006.513.752, milyar yang merupakan Tunjangan Profesi Guru. Pencairan TPG dengan tepat waktu diharapkan dapat membantu kebutuhan ASN Guru, sebagaimana yang diamanatkan Pemerintah Pusat.

Lanjutnya, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa, selaku Bupati Jembrana merasa bersyukur apa yang menjadi hak Guru bisa dibayarkan melalui TPG tersebut. “Kita bersyukur bisa dicairkan hari ini. Semoga bisa bermanfaat bagi pegawai khusus Guru, baik untuk kebutuhan penting lainnya, seperti keperluan pendidikan dan keluarga,” ujar Bupati Tamba usai menyerahkan secara simbolis pencairan TPG, di Rumah Jabatan Bupati Jembrana.

Lebih lanjut Bupati Tamba juga menjelaskan bahwa penyaluran tunjangan Profesi bertujuan untuk:

  1. Memberi penghargaan kepada Guru PNSD sebagai tenaga profesional dalam melaksanakan sistem dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab
  2. Mengangkat martabat Guru, meningkatkan kompetensi Guru, memajukan profesi Guru, meningkatkan mutu pembelajaran, dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu
  3. Membiayai pelaksanaan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang mendukung pelaksanaan tugas sebagai guru profesional.

Tunjangan Profesi Guru (TPG) dibayar oleh Pemkab Jembrana sesuai tempat terbitnya Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) penerima tunjangan. Pembayaran dilakukan melalui rekening guru setiap triwulan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelas Bupati Tamba.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Jembrana, Drs. I Komang Wiasa, M.Si., yang pernah menjabat Plt. Parbud Jembrana mengatakan bahwa pencairan TPG tersebut, berdasarkan Permendikbudristek No. 4 tahun 2022 tentang Juknis Pemberian Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus dan Tambahan Penghasilan Guru ASN Daerah isinya mengatur tentang penerima dana Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru ASN Daerah, besaran dana Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru ASN Daerah. Yang dilanjutkan tentang teknis pemberian Tunjangan Profesi Guru (TPG).

Penjabaran dari Permendikbudristek tersebut TPG diberikan hanya kepada ASN Guru saja, proses pencairan melalui rekening masing-masing. ”Kita Kabupaten Jembrana tercepat dalam pencairannya, karena hari ini sudah bisa cair. Ini wujud keseriusan Bapak Bupati Jembrana dalam memperhatikan ASN khusus Guru, melalui percepatan pelayanan dan terbukti bisa cair hari ini, sehingga para ASN Guru bisa bahagia,“ ucap Kepala BPKAD Drs. I Komang Wiasa M.Si., yang pernah menjabat Staf Ahli Bupati.

Dan untuk pencairan TPG tersebut, Kepala BPKAD Drs. I Komang Wiasa M.Si., menambahkan bahwa “Pencairan TPG kali ini telah menyedot anggaran sebesar Rp11.006.513.752, milyar yang bersumber dari APBD Kabupaten Jembrana tahun 2022,” imbuhnya.

Salah satu Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Negara yang mewakili rekan-rekan Guru SDN dan SMPN yang juga merupakan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP Kabupaten Jembrana, I Ketut Tastra S.Pd., M.Pd, menuturkan bahwa dengan dicairkan TPG tersebut, ia sangat bersyukur dan mengucapkan rasa berterima kasih banyak kepada Bapak Bupati Jembrana. “Hari ini kami sangat merasa bahagia, Bapak Bupati sudah mengapresiasi terhadap kinerja para guru di Kabupaten Jembrana, sehingga bisa cair dana TPG, dan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati Jembrana yang sudah mencairkan TPG tepat waktu, mungkin saja petama kali di Bali, dengan pencairan TPG ini sehingga kebutuhan kami besama rekan-rekan guru lainnya dapat terpenuhi, dan tentu kami menyambut sangat gembira dan bahagia,” tutur Kepsek SMP Negeri 1 Negara, I Ketut Tastra. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA