by

Pemkab Jembrana Bantu 275 Juta untuk Ngaben Kolektif dan Wujudkan Masyarakat Jembrana Bahagia

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menghadiri pengabenan kolektif gratis dan karya manusa yadnya di Lapangan Desa Yehembang Kauh, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Kamis (28/7/2022). Ngaben kolektif tersebut bertujuan untuk meringankan beban umat hindu dalam melaksanakan pengabenan masal dan karya manusa yadnya.

Ngaben massal dan manusa yadnya yang diselenggarakan oleh Desa Adat Yehembang Kauh tersebut telah mendapat bantuan dana dari Pemkab Jembrana sebesar Rp275 juta. Untuk pelaksanaan ngaben massal gratis tersebut merupakan yang ke-3 kalinya di tahun 2022, sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Melaya dan Kecamatan Negara. 

Turut hadir dalam acara ngaben massal tersebut, Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi bersama Wakil Ketua I Ketut Suardika, Ketua MDA Jembrana I Nengah Subagia, Ketua PHDI I Komang Arsana, perwakilan dari Kemenag, Camat Mendoyo serta krama umat hindu yang mengikuti yadnya tersebut.

Wabup Patriana Krisna dalam sambrahma wecananya menyampaikan bahwa upacara Pitra Yadnya (ngaben) merupakan hal yang wajib dilaksanakan oleh umat hindu di Bali. Sehingga dengan adanya ngaben massal tersebut diharapkan dapat meringankan umat hindu dalam upacara ngaben karena dilakukan bersama-sama dengan semangat gotong royong.

“Dengan adanya bantuan Pemkab Jembrana, tentu dapat meringankan umat hindu dalam menyelenggarakan yadnya, khususnya pitra yadnya. Dengan dilandasi rasa tulus ikhlas, dan didukung semangat kebersamaan dan gotong royong seluruh Krama Desa Adat Yehembang Kauh, astungkara (mudah-mudahan-red) yadnya ini dapat berlangsung dengan lancar dan labda karya sampai nanti seluruh rangkaian selesai,” ucap Wabup Patriana Krisna.

Lanjutnya, selain hal tersebut Wabup Patriana Krisna juga mengajak seluruh krama masyarakat untuk selalu bersinergi dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama mensukseskan program pemerintah daerah. “Kesuksesan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan harus seiring dan tidak bisa lepas dari dukungan masyarakat, oleh sebab itu, apa yang saat ini akan dijalankan oleh Kabupaten Jembrana agar senantiasa didukung untuk kemajuan di Jembrana serta untuk mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia,” ungkap Wabup Patriana Krisna.

Sementara itu, Ketua Panitia Karya I Gusti Made Sedana mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dengan adanya program ngaben kolektif gratis tersebut. Masyarakat sangat antusias untuk mengikuti upacara ngaben tersebut serta melihat peserta ngaben kolektif gratis, tidak hanya dari Desa Yehembang Kauh saja, melainkan dari desa lain yang ada di Kabupaten Jembrana. 

“Untuk peserta ngaben sebanyak 6 orang, nyekah sebanyak 149 sekah, dan ngelungah sebanyak 110, sedangkan untuk manusa yadnya terdiri dari upacara metatah,  pengeruwatan sanan empeg sebanyak 25 orang, telaga apit pancoran 18 orang dan pancoran apit telaga sebanyak 21 orang. Puncak yadnya nyekah sendiri akan dilaksanakan Sabtu (30/7/2022) mendatang, dan diakhiri dengan prosesi meajar-ajar, Senin (1/8/2022),” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA