by

Ombak Cukup Besar, Terjadi Antrian Panjang di Dermaga Merak

KOPI, Merak, Banten – Jalur penyebrangan laut Merak – Bakauheni mengalami kemacetan, Minggu, 3 Juli 2022. Hal ini terjadi sebagai dampak dari tingginya gelombang laut di sepanjang jalur penyebrangan, terutama di dermaga-dermaga kedua pelabuhan penyeberangan.

Dari pantauan awak media di lapangan, terlihat petugas di Pelabuhan ASDP Merak agak kewalahan menghadapi situasi kurang menguntungkan itu. “Akibat ombak yang cukup besar di sepanjang dermaga menaik-turunkan muatan (kendaraan dan orang – red), maka terjadi antrian panjang dan penumpukan di pintu-pintu dermaga,” ungkap Wardi, salah seorang pengguna kapal penyeberangan Merak – Bakauheni, Minggu, 3 Juli 2022.

Kondisi ini diperparah dengan simpang-siurnya informasi terkait dermaga yang akan dibuka (yang ombaknya tidak membahayakan – red). Puluhan unit kendaraan terpaksa berputar-putar akibat dari kepadatan dan informasi yang kurang akurat mengenai pintu dermaga yang akan dibuka.

Keadaan tersebut menimbulkan keresahan para pengguna jasa penyebrangan ASDP Merak – Bakauheni. Banyak di antara para sopir angkutan maupun penumpang yang merasa kecewa dengan pelayanan ASDP Merak – Bakauheni yang dinilai memberikan informasi yang membingungkan.

“Saya ini dari tadi diputar-putar terus, jadi bingung sudah 2 kali ke depan pintu dermaga ini, ternyata harus balik lagi ke pintu dermaga sebelahnya, namun alasan tidak jelas. Sudah 1 jam kami menunggu. Yang lainnya juga sudah pada resah,” tambah Wardi.

Di tempat yang sama, terlihat Ibu Ketua Umum PPWI, Winarsih Lalengke, bersama Tim Pewarta yang akan menggunakan jasa penyeberangan, yang sudah menunggu cukup lama di dermaga. Ibu Ketum PPWI mengatakan bahwa pihaknya memaklumi situasi cuaca yang kurang menguntungkan tersebut, namun sangat menyayangkan lambannya pelayanan dan kurang akuratnya informasi yang diberikan pihak ASDP kepada para pelanggannya.

“Dalam segala situasi, yang diperlukan pengguna jasa atau pelanggan ASDP adalah informasi yang tepat dan akurat dalam mengarahkan sopir dan penumpang atau pengguna jasa penyebrangan Merak – Bakauheni, jadi kita berharap ASDP kedepannya dapat mengelola pelayanan informasi yang lebih baik lagi,” kata Winarsih Lalengke menyarankan. (TIM/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA