by

Mahasiswa Kampus Unsika Lakukan KKN di Desa Curug Karawang

KOPI, Karawang – Mahasiswa Universitas Singa Perbangsa Karawang (Unsika) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Rabu (27/7/22). Para mahasiswa KKN disambut Pemerintah Desa Curug bertempat di Kantor Desa Curug.

Tujuan dilakukannya KKN yaitu untuk melaksanakan proses pengabdian masyarakat sebagai dasar dari Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian. Sebanyak 100 lebih mahasiswa Unsika dari berbagai macam jurusan atau prodi diterjunkan untuk mengabdi di Desa Curug selama 3 bulan ke depan.

Pada hari ini, bertepatan dengan pelaksanaan rapat minggon Desa Curug secara resmi perwakilan Kampus Unsika yang diwakili oleh salah satu dosen pembimbing lapangan Iyan Rosita Dewi Nur, M.Pd., menyerahkan mahasiswa kepada Pemerintah Desa yang diwakili Sekretaris Desa Wardono Hidayat, untuk membimbing dan mengarahkan mahasiswa belajar langsung dalam masyarakat di Desa Curug.

“Kami menitipkan mahasiswa kepada bapak ibu aparatur Desa Curug untuk belajar langsung dengan masyarakat, ikut aktif dalam setiap program-program yang dilaksanakan di desa setiap harinya. Kami berharap anak-anak kami diarahkan dan ditegur secara baik tak kala ada hal atau sesuatu yang tidak sesuai dengan norma atau adat kebiasaan yang ada di desa curug,“ ujar Rosita.

Sementara itu, Sekretaris Desa Wardono Hidayat yang mewakili Kepala Desa Curug dengan senang hati menerima kehadiran mahasiswa-mahasiswa Unsika yang akan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui program KKN di desa Curug. “Mudah-mudah dengan hadirnya mahasiswa di Desa Curug dapat memberikan dampak perubahan yang besar untuk masyarakat Curug. Sehingga kualitas dan kesejahteraan hidup masyarakat Desa Curug dapat meningkat,” tutur Wardono.

Tak hanya itu, sebelumnya desa kami juga kehadiran Patriot Desa yang sejak awal tahun 2022 ditugaskan di Desa Curug. “Patriot desa merupakan salah satu program unggulan dari Pemprov Jabar untuk meningkatkan Desa Curug menjadi lebih maju bahkan mandiri dari segi bidang sosial, ekonomi dan lingkungan, yang mana sesuai dengan Indeks Desa Membangun (IDM),” tambahnya

Ke depannya, kami berharap adik-adik mahasiswa bisa sinergi bersama dengan Patriot Desa Jawa Barat dalam setiap program-program yang akan dilaksanakan di Desa Curug.

Selanjutnya, mahasiswa KKN Unsika di Desa Curug merasa sangat senang dengan sambutan hangat yang diberikan oleh Aparatur Pemerintahan Desa Curug. Semoga dengan kehadiran kami nantinya dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Curug ini.

“Dan tak lupa kamipun memohon bimbingannya baik dari Aparatur Desa Curug maupun dari masyarakat Desa Curug ini agar nantinya kita dapat saling bersinergi sehingga dapat membangun Desa Curug menjadi desa yang lebih maju melalui program-program yang dilaksanakan. Baik dari program desa itu sendiri maupun program dari mahasiswa KKN Unsika ini yang nantinya saling berkolaborasi satu sama lainnya,” ujar Dadan selaku Ketua Kelompok KKN Unsika.

Pada kesempatan lain, Abdul Kosim Nurseha selaku Patriot Desa Curug menyambut dengan senang hati kehadiran teman-teman mahasiswa KKN Unsika. “Saya berharap teman-teman mahasiswa KKN dapat berkolaborasi dan bersinergi di berbagai macam bidang untuk kemajuan Desa Curug sebagai desa yang memiliki SDM yang unggul, kompetitif dan punya daya saing yang tinggi. Sekali lagi, kami ucapakan selamat datang dan mari kita kolaborasi,” pungkas Abdul Kosim Nurseha. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA