by

Jelang Hari Raya Idul Adha, Bupati Tamba Pastikan Kesehatan Hewan Qurban

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Sekda Jembrana beserta Wakapolres dan Kasdim Jembrana mengunjugi langsung UD Sentana sebagai tempat penampungan hewan korban yang beralamat di Banjar (Dusun-red) Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, Kamis (7/7/2022). Kunjungan tersebut untuk memastikan seluruh hewan qurban dalam keadaan sehat.

Hal tersebut yang berkaitan dengan hewan korban diharapkan seluruh hewan qurban yang akan diserahkan menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah /2022. Dalam keadaan sehat dan bebas dari penyakit penyakit mulut dan kuku (PMK).

Bupati Tamba mengatakan bahwa kondisi hewan qurban yang akan diserahkan menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H. sehat dan bebas dari PMK. “Hari ini dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban, kita menjadi saksi untuk melihat kondisi kesehatan hewan qurban tersebut, tadi juga sudah dijelaskan kondisi kesehatan hewan qurban oleh dokter hewan, dengan menunjukkan ciri-ciri dari hewan ternak tersebut, dalam keadaan sehat,” ucap Bupati Tamba.

Terkait hal tersebut Bupati Tamba mengungkapkan bahwa pemeriksaan kesehatan hewan qurban tersebut telah dilakukan pada Rabu, (6/7/2022). “Dokter hewan telah melakukan observasi, kemudian kita melihat secara langsung hari ini, tanda pada mulut dan kuku pada hewan qurban semua dalam kondisi baik dan bersih,” ujar Bupati Tamba.

Ĺanjutnya, Bupati Tamba menjelaskan bahwa Pemkab Jembrana telah melakukan tindakan Preventif untuk mengatasi PMK, terlebih lagi dengan meningkatnya kebutuhan daging menjelang Idul Adha. “Hari ini kita mendapat apresiasi dari BNPB karena telah melakukan reaksi cepat terhadap kondisi PMK pada hewan ternak, dari segi penanganan di sini sangat cepat antisipasi, serta tim satgas telah bekerja dengan cepat, ini karena sinergitas kita yang baik di Jembrana dengan Fokopimda, OPD terkait, dan masyarakat serta para tokoh, termasuk para peternak yang selalu koperatif, itulah kunci dari kesukseskan kita di Jembrana,” jelas Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menjamin kesehatan hewan qurban yang telah tersedia dan yang akan kita serahkan kepada umat muslim menjelang Hari Raya Idul Adha, semua sudah dalam keadaan sehat dan bebas dari PMK. “Kami  juga sudah makan daging kambing, hal tersebut saya lakukan untuk membuktikan bahwa kuliner, terutama daging di Jembrana bebas dari PMK, ” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Jembrana I Made Tarma mengatakan bahwa akan diserahkan enam ekor sapi dan dua puluh delapan ekor kambing yang akan didistribusikan di tiga puluh empat Masjid yang ada di Jembrana. “Penyerahan pada hari Sabtu, 9 Juli 2022 mendatang, termasuk penyerahan hewan ternak sapi bantuan dari Presiden RI,” ucap I Made Tarma. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA