by

Gelar Latpratugas, Kehadiran Ksatria Tengkorak di Cibeber, Berdampak bagi Masyarakat

KOPI, Karawang – Dalam rangka Latpratugas persiapan penugasan di Papua, prajurit dari Satuan Yonif PR-305 Tengkorak melaksanakan latihan yang materinya dititikberatkan pada bidang Pembinaan Teritorial (Binter). Latihan dimulai sejak tanggal 11 Juli 2022, dan akan berakhir pada tanggal 22 Juli 2022 mendatang, yang bertempat di Desa Cibeber.

Kehadiran prajurit Yonif PR 305/ Tengkorak membawa dampak baik bagi masyarakat Cibeber. Ketika latihan baru memasuki hari ketiga, pasukan yang sedang latihan dihadapkan pada kondisi nyata di lapangan, salah satu warga Desa Cibeber, Bapak Dedi, melaporkan bahwa keluarganya, Bapak Ating (50) mengalami sesak nafas dan butuh bantuan oksigen.

Menyikapi hal tersebut, atas seizin Komandan Brigif PR 17 Kujang I selaku Wadanlat, Danyonif PR-305 Tengkorak memerintahkan Tim Kesehatan (Tim Kes) Pos Pimpinan Praka Ibnu (Takes) berangkat dengan kendaraan Ambulance berikut perlengkapannya menuju rumah Bapak Ating untuk memberikan pertolongan pertama.

Letda Ckm dr. M. Suharso Pane, M.K.M. (Dokter Yonif PR- 305/Tengkorak) yang pada saat bersamaan sedang melaksanakan materi latihan di Pos yang berbeda, mengarahkan Tim Kes untuk memberikan pertolongan pertama. Atas pertimbangan dari dr. Pane dan seizin Danbrigif, pasien di evakuasi ke RSUD Kliwari, Kopo untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

Keputusan dan tindakan cepat Prajurit Tengkorak dalam membantu Bapak Ating merupakan aplikasi dari poin kelima “Perintah Harian KASAD, yaitu TNI-AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi”.

Ketika proses evakuasi dari rumah Bapak Ating ke RSUD Kliwari, Danyonif Para Raider 305/Tengkorak menekankan kepada Tim Kes agar mendampingi proses penanganan di rumah sakit dan memberikan pelayanan maksimal.

“Yakinlah bahwa ketika kita tulus dan ikhlas dalam membantu sesama, Tuhan akan memberikan balasan yang lebih dan mungkin karena bantuan kecil seperti ini, doa mereka untuk kesuksesan dan keberhasilan Satuan kita akan diijabah oleh Allah Subhanahuu waa Ta’ala,” pesan Ardy kepada Tim Kes.

Saat ini, kondisi Bapak Pak Ating sudah membaik, namun masih dalam perawatan di ruang Rawat Inap RSUD Kliwari, Kopo. Keluarga Bapak Ating mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan Prajurit Yonif PR 305/Tengkorak. (DJ/Yonif PR 305)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA