by

Pemkab Jembrana Laksanakan Bhakti Penganyar di Pura Agung Blambangan dan Serahkan Bantuan 180 Juta

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana melaksanakan bhakti penganyar serangkaian pujawali di Pura Agung Blambangan yang terletak di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada rahina (Hari-red) Manis Kuningan, Minggu (19/6/2022). Melaksanakan bhakti penganyar serangkaian pujawali tersebut bertujuan untuk meningkatkan srada bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa khususnya Ida Bhatara yang berstana di Pura Agung Blambangan memohon keselamatan dan kerahayuan untuk Pemkab Jembrana dan masyarakat Bali pada umumnya.

Acara puncak pujawali di pura yang terbesar dari sembilan puluh dua pura lainnya yang ada di Banyuwangi Jawa Timur tersebut dilaksanakan setiap enam bulan sekali, tepatnya pada Hari Raya Kuningan, Sabtu (18/6/2022) kemarin. Untuk bhakti pengayar Pemkab Jembrana sendiri, dihadiri langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna didampingi Sekda I Made Budiasa dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Jembrana.

Dalam bhakti pengayar yang dipuput (dipimpin) oleh Ida Bopo Giri Dharma Arsa dari Padepokan Purwo Santi Purwerejo, persembahyangan berlangsung dengan lancar dan khidmat. Usai persembahyangan dilakukan peyerahan punia (uang) sebesar Rp180.000.000,00 (Seratus delapan puluh juta rupiah) untuk pembangunan aula dan punia upacara sebesar Rp10.000.000,00 (Sepuluh juta rupiah).

Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat ditemui awak media usai persembahyangan menyampaikan bahwa bhakti penganyar ini menjadi kewajiban Pemkab Jembrana untuk hadir setiap enam bulan sekali atau tepatnya di rahina (Hari-red) manis Kuningan. “Astungkara (Mudah-mudahan), sembah bhakti ini sebagai wujud syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi yang berstana di Pura Agung Blambangan dengan tujuan memohon keselamatan dan kerahayuan untuk Pemkab Jembrana dan masyarakat Bali pada umumnya,” ucap Bupati Tamba.

Lebih lanjut Bupati Tamba, berharap kepada pengempon pura dengan punia yang sudah diberikan tersebut, bahwa pembangunan aula di Pura Blambangan tersebut bisa segera dilaksanakan. Sehingga nantinya dapat bermanfaat untuk kemaslahatan umat hindu di Banyuwangi.

“Kita tahu, bahwa setiap perayaan Hari Raya Kuningan di Banyuwangi, dipusatkan di Pura Blambangan, banyak sekali kegiatan keagamaan yang dilakukan serangkaian pujawali Ida Bhatara. Untuk itu, dengan keberadaan aula tersebut, semoga nantinya bisa dimanfaatkan umat dengan baik, dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan keagaman yang dilakukan di Kawasan Suci ini,” harap Bupati Tamba.

Sementara dari pihak Ketua Panitia Pujawali Budi Wiriyanto menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Jembrana berserta rombongan untuk melaksanakan agenda rutin bhakti pengayar di pura terbesar yang berada di Kabupaten Banyuwangi. “Untuk diketahui bahwa, perayaan Hari Raya Kuningan yang dipusatkan di Pura Blambangan tahun ini, jauh lebih besar dan sangat meriah. Setelah dua tahun lamanya pasca pandemi Covid-19, semua kegiatan dibatasi, saat ini diberikan kelonggaran, banyak umat hindu yang hadir untuk merayakan Hari Raya Kuningan. Puncak pujawali Ida Bhatara sudah dilangsungkan kemarin, bertepatan rahina (Hari-red) Kuningan dan nyejer selama tiga hari, sampai dengan hari selasa (21/6/2022) dilaksanakan panyineban,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA