by

Pemkab Biak Studi Tiru ke Jembrana, Sekda Budiasa: Tukar Pikiran dan Bisa Dikembangkan

KOPI, Jembrana – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jembrana I Made Budiasa menyambut hangat kunjungan kerja (Kunja) dari Pemkab Biak Numfor Provinsi Papua. Rombongan yang dipimpin Asisten Pemerintahan Mahasunu dan Kesra diterima di Gedung Auditorium Pemkab Jembrana, Bali, Selasa, (14/6/2022). Kunjungan kerja (Kunja) tersebut bertujuan untuk studi tiru tentang sistem desa adat, pemilihan perbekel (Kades-red), pengelolaan ikan kaleng dan cara pengelolaan Pariwisata di Kabupaten Jembrana.

Dalam kunjungannya, Asisten Pemerintah dan Kesra Kabupaten Biak Numfor, Mahasunu beserta rombongan dan Staf Ahli I, Simon Rumaropen; Staf Ahli II, I Putu Wiadnyana; Pejabat eselon III dan 121 Kepala Kampung (Kades-red). Sementara yang mendampingi Sekda Jembrana, I Made Budiasa; yaitu, Staf Ahli Bupati Jembrana, Kepala OPD terkait dan Camat Jembrana. 

Sehubungan dengan kunjangan kerja Pemkab Biak Numfor Provinsi Papua, Sekda Kabupaten Jembrana Drs. I Made Budiasa M.Si., mengatakan sungguh merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Jembrana yang telah menjadi daerah pilihan tujuan kunjungan studi tiru. Melalui kunjungan tersebut, diharapkan sinergi informasi kedua daerah, khususnya terkait pemilihan perbekel (Kades-red) mekanisme desa adat serta pengelolaan potensi kelautan dan pariwisata di Kabupaten Jembrana.

“Kami berharap melalui kunjungan ini, kita dapat mempererat tali silaturahmi dan saling bertukar pikiran sebagai program pembangunan,” ucap Sekda I Made Budiasa.

Lebih lanjut, Sekda Jembrana Drs. I Made Budiasa, M.Si., bahwa kunjungan dari Kabupaten Biak Numfor mengajak para kepala kampung (Kades-red) se-Kabupaten Biak Numfor untuk melihat dan menyaksikan cara pelaksanaan e-voting yang telah dilaksanakan di Jembrana. Kabupaten Jembrana selama ini dikenal sebagai daerah yang pernah menerapkan e-votting dalam pemilihan kepala kewilayahan.

“Ini menjadi salah satu objek study banding mereka, termasuk masalah desa wisata pengelolaan manajemen desa wisata dan pengembangan ikan (UKM)  dan pengelolaan desa adat karena ada suku, adat dan budaya yang sangat luar biasa di sana bagaimana mengelola desa adat, sehingga nanti bisa dikembangkan di Kabupaten Biak Numfor,” ajak Sekda I Made Budiasa.

“Beliau juga mendengar tentang Kabupaten Jembrana itu sudah terkenal di Indonesia, beliau juga ingin menyaksikan secara langsung karena kita sebagai pelopor pelaksanaan e-voting, sehingga beliau ingin melihat dengan jelas dan lebih dekat. Dengan harapan apa yang diterapkan dengan baik dari Jembrana, hal ini bisa dikembangkan di Kabupaten Biak Numfor,” ucap Sekda I Made Budiasa.

Sementara Asisten Pemerintah dan Kesra, Mahasunu mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Jembrana, yang kali ini diwakili oleh Sekda Kabupaten Jembrana. Menurutnya, Kabupaten Jembrana merupakan salah satu daerah yang bisa dijadikan tempat untuk melakukan study tiru.

“Tujuan kami ke Kabupaten Jembrana untuk melakukan study tiru terkait tiga rencana, karena menurut kami Pemkab Jembrana lebih baik daripada Kabupaten Biak Numfor, sehingga kami ingin belajar lebih dekat di Kabupaten Jembrana untuk melakukan study tiru.  

“Kabupaten Biak Numfor juga pernah memiliki pabrik pengalengan ikan, akan tetapi tidak beroperasi lagi. Ke depan Bupati Biak Numfor berencana akan membuka kembali pengalengan ikan tersebut dan kami ucapkan terimakasih atas sambutan yang telah diberikan oleh Pemkab Jembrana, baik selama koordinasi maupun kunjungan pada hari ini,” tutur Asisten Pemerintah dan Kesra Mahasunu.

Lebih lanjut, Mahasunu mengungkapkan bahwa salah satu alasan Kabupaten Biak Numfor melakukan study tiru ke Kabupaten Jembrana ialah, terkait dengan pengelolaan ikan kaleng, pemilihan kepala desa yang menerapkan sistem digital e-voting dan cara pengelolaan pariwisata di Kabupaten Jembrana. “Kami semua tahu bahwa Kabupaten Jembrana cukup populer di tanah air, sehingga melalui kunjungan kerja dapat menjadi wawasan pengetahuan, sehingga dapat diterapkan di Kabupaten Biak nantinya. Kami merasa tersanjung karena disambut  langsung oleh bapak Sekda beserta jajarannya dengan baik,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA