by

Pantau Kegiatan Gladi Bersih Pawai Budaya, Bupati Tamba: Jangan Loyo harus Semangat

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba memantau pelaksanaan kegiatan gladi bersih Peed Aya (Pawai Budaya) Duta Kabupaten Jembrana pada Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 tahun 2022 bertempat di Lapangan Nusasakti, Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, Kamis (9/6/2022). Pemantauan tersebut bertujuan untuk melihat kesiapan para peserta pawai budaya.

Seperti diketahui event tahunan Pesta Kesenian Bali (PKB) akhirnya kembali digelar tahun ini, setelah sempat vakum selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19. PKB tahun ini mengusung tema Danu Kerthi Huluning Amreta yang bermakna Memuliakan Air Sumber Kehidupan.

Rencananya pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2022 akan dilaksanakan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala Denpasar, Minggu (12/6/2022) mendatang. Pembukaan ditandai dengan pelepasan Peed Aya (Pawai) yang di mulai pukul 14.00 Wita. Dalam pembukaan PKB ke-44 tersebut, Duta Kabupaten Jembrana sendiri akan menampilkan fragmentari ‘Puja Saji Peneduh Bumi’ dengan melibatkan sebanyak 125 peserta orang seniman.

Di sela-sela menyaksikan gladi, Bupati Tamba juga memberikan masukan serta motivasi. Ia meminta para peserta agar tetap semangat terutama ketika pentas nanti. “Jangan sampai kelihatan loyo, harus ekspresif dan semangat. Senyum dan penjiwaan karakter dari masing-masing peran juga harus diperhatikan,” ujar Bupati Tamba.

Selain hal tersebut Bupati Tamba menambahkan bahwa dengan penampilan para seniman Jembrana yang mayoritas dari Desa Nusasari tersebut, Bupati yang pernah menjabat anggota DPRD Provinsi Bali tersebut juga berjanji akan mengikutsertakan dalam HUT Kota Negara nanti. “Penampilan kalian sukses menarik perhatian banyak masyarakat di sini yang ikut menyaksikan. Nanti pada HUT Kota Negara kalian akan ikut serta,” imbuh Bupati Tamba.

Sementara, informasi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana, dalam pagelaran PKB tahun ini, selain pawai, Kontingen Jembrana juga ikut serta dalam Gong Kebyar Anak, Gong Kebyar Dewasa, Gong Kebyar Wanita, Jegog Mebarung dan Bumbung Kepyak dalam 12 Juni sampai 10 Juli mendatang. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA