by

Kompetisi Sepakbola Liga Santri 2022 Dibuka, Bupati Tamba: Selamat Bertanding jaga Sportifitas

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba membuka pertandingan sepakbola liga santri memperebutkan piala Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) yang digelar di Stadion Pecangakan, Kabupaten Jembrana, Bali, Senin (20/6/2022). Pertandingan liga santri tersebut bertujuan untuk ajang silaturrahmi antar santri dan solidaritas persatuan dan mencetak para atlit muda dalam mencari bakat.

Dalam pembukaan kompetisi sepakbola liga santri tersebut diawali dengan tendangan pertama yang lakukan oleh Bupati Tamba. Ada enam klub sepak bola santri se-Kabupaten Jembrana yang akan bertanding dengan sistem gugur. Pertandingan tersebut akan berlangsung selama lima hari di mulai Senin 20-27 Juni 2022.

Kompetisi liga santri selain mencetak para atlit muda, juga menjadi ajang silaturahmi antar santri untuk soliditas dan persatuan. Liga santri diawali dengan pertandingan antara Al-Hidayah VS Darul Ma’arif.

Lanjutnya, Bupati Tamba menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan sepakbola ini. “Hari ini saya membuka kejuaraan sepakbola yang diikuti oleh para santri yang ada di Kabupaten Jembrana, secara kebetulan di seluruh Bali hanya dari Jembrana yang pesertanya paling banyak, ada enam klub dan terimakasih kepada Bapak KASAD karena aktivitas sepakbola ini menumbuhkan daya semangat minat anak-anak muda untuk bela negara,” sambut Bupati Tamba.

“Saya mengharapkan kepada hasil akhir dari pertandingan ini ada putra-putra Jembrana yang berbakat dan mudah-mudahan dapat menjadi satu kesatuan di TNI Angkatan Darat, itu harapan kami,” harap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba yang pernah menjabat anggota DPRD Provinsi Bali tersebut menambahkan, agar kegiatan ini diagendakan dengan baik mengingat dalam bidang pembangunan keolahragaan melalui kejuaraan jangan hanya diukur dengan medali atau rangking. Selain prestasi atau medali yang terpenting dapat hasil atau indikator positif dari pembangunan dan aktivitas olahraga.

“Saya ucapkan selamat bertanding jaga selalu sportifitas selama pertandingan yang kita laksanakan. Saat ini masih dalam rangka pencarian bibit atlet, bukan dalam rangka pertandingan menang dan kalah untuk memperebutkan piala. Untuk itu jaga faktor keamanan dan keselamatan selama pertandingan,” ucap Bupati Tamba.

“Sesuai dengan visi Kabupaten Jembrana mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia berlandaskan tri Hita Karana dan misi membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berdayasaing (jana kertih),” imbuhnya. 

Mewakili Dandim 1617/Jembrana, Kasdim 1617/Jembrana Mayor Infanteri Gusti Made Saputra dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut. Beliau berharap semoga seluruh rangkaian pertandingan dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan jadwalnya.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa sepakbola menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati dan digemari oleh hampir semua orang diberbagai kalangan usia dan lapisan masyarakat. Sehingga tidak ada jenis olahraga lain yang mendapatkan sambutan yang paling meriah dari masyarakat di berbagai negara selain sepakbola,” ucap Kasdim I Gusti Saputra.

I Gusti Saputra mengatakan bahwa TNI Angkatan Darat menaruh perhatian terhadap sepakbola sebagai salah satu cabang olahraga yang diharapkan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. “Itu yang menjadikan TNI AD bersama PSSI bergerak untuk membangun sebuah komitmen bersama demi kemajuan dunia sepakbola tanah air dengan menyelenggarakan kompetisi liga santri yang akan diikuti seluruh santri/pondok pesantren yang ada di Indonesia,” ucap Kasdim I Gusti Saputra.

“Secara khusus kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi para santri seluruh Indonesia yang ada di tiga Puluh empat Provinsi. Pertandingan piala KASAD liga santri PSSI tahun 2022 akan diawali dari pertandingan di tingkat kabupaten/kota dari 20 Juni sampai 30 Juli 2022. Kemudian di tingkat Provinsi dilaksanakan dari 3 Agustus sampai 23 September 2022. Untuk pertandingan di tingkat nasional akan menampilkan tim terbaik dari Provinsi akan dilaksanakan pada 25 September sampai 22 Oktober 2022,” jelasnya.   

Melalui kompetisi ini, juga diharapkan mampu menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air bangsa dan negara dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai religius Keagamaan. “Di samping itu kegiatan ini bisa berfungsi sebagai wahana dalam rangka pembinaan potensi sepakbola bagi generasi muda sekaligus mencari talenta berbakat yang diharapkan dapat tampil pada level sepakbola yang lebih tinggi baik tingkat nasional maupun Internasional. Hanya pemain bermental kuatlah dan memiliki jiwa petarung yang akan mencapai kemenangan dan hasil terbaik dalam setiap pertandingan, untuk itu junjung tinggi sportifitas dengan mengedepankan rasa persahabatan, persaudaraan persatuan dan kesatuan dalam rangka meningkatkan solidaritas sesama santri,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada pemain, perangkat penyelenggara dan para wasit agar selalu menjunjung tinggi sportifitas dan fair play. “Kompotisi ini merupakan wahana uji tanding oleh karena itu, di setiap pertandingan harus dilakukan dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi sportifitas serta patuhi aturan permainan yang berlaku,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pembukaan kompetisi liga santri tersebut, Wabup Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna; Sekda Kabupaten Jembrana, I Made Budiasa; Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1617/Jembrana, Mayor Infanteri Gusti Made Saputra. (AM)