by

Hadiri Lomba Burung Berkicau, Wabup Patriana: Sebagai Wujud Partisipasi dan Pelestarian Alam

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna menghadiri lomba burung berkicau Kapolres Cup IX, bertempat di Taman Kota Pecangakan, Kecamatan Jembrana, Bali, Minggu (26/6/2022). Perlombaan tersebut bertujuan untuk memeriahkan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76 tahun 2022 dan memperebutkan piala Kapolres IX

Wabup Patriana Krisna bersama Kapolres dan Waka Polres Jembrana menempatkan posisi bendera sebagai juara pada kelas lomba Cendet Bhayangkara, lomba Kapolres Cup IX tersebut mengikutsertakan 32 kelas lomba. Selama dua tahun perlombaan ini tidak digelar karena pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan lomba, Kasat Intelkam AKP. I Gusti Agung Made Suriada, S.Sos., menjelaskan bahwa lomba tersebut bertujuan menciptakan komuniti penyaluran hobi burung, khususnya burung berkicau dan meningkatkan kemitraan polisi dan masyarakat. “Melalui lomba ini juga membuktikan bahwa Polisi selalu ada di tengah-tengah masyarakat dan menjadi sahabat masyarakat, melalui lomba burung berkicau,” terang Ketua Pelaksana Made Suriada.

Lomba burung berkicau tersebut di diselenggarakan oleh Kepolisian Resor Jembrana bekerjasama dengan Pelestarian Burung Indonesia (PBI) Cabang Jembrana. Dalam lomba tersebut diikuti oleh Kicau Mania yang berasal dari seluruh Bali dan peserta dari Jawa diantaranya, Jember, Jogja, Probolinggo, Lumajang, dan Surabaya, untuk jumlah peserta ditargetkan sebanyak 1000 peserta.

Sementara Kapolres Jembrana, AKBP. I Dewa Gede Juliana mengucapkan terima kasih kepada panitia dan khususnya PBI Jembrana yang telah membantu menyelenggarakan kegiatan ini dan serta dukungan Pemkab Jembrana, terutama kegiatan yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi. “Intinya kegiatan ini adalah untuk membangun silaturrahmi dan sinergitas bersama dalam komunitas burung yang ada di Jembrana. Mudah-mudahan ke depannya dapat terus kita lakukan untuk membangun sinergitas seluruh stakeholder yang ada,” ungkap Kapolres Jembrana AKBP. I Dewa Gde Juliana.

Lanjutnya, Kapolres mengharapkan agar Kabupaten Jembrana terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan serupa, sehingga dapat mempublikasikan potensi yang dimiliki. “Kepada komunitas burung yang ada, semoga kegiatan ini dapat mengobati kerinduan kita semua, untuk bisa kembali menyelenggarakan kegiatan terutama untuk menjaga kelestarian alam di wilayah kita masing-masing,” harap Kapolres Jembrana AKBP. I Dewa Gede Juliana.

Di sisi lain Wabup Patriana Krisna mengatakan bahwa kegiatan lomba tersebut sebagai wujud partisipasi dan dukungan pelestarian alam. Prinsip-prinsip pembangunan ditekankan pada hal-hal pelestarian dan pemberdayaan masyarakat, sudah tentu harus disikapi dengan pengembangan konsep pembangunan yang sesuai dengan kondisi alam dan budaya daerah serta dapat mengakomodasi kearipan lokal yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

Konsep pembangunan seperti ini juga perlu didukung dengan kegiatan-kegiatan pelestarian alam yang berkelanjutan, seperti pelestarian lingkungan, flora dan fauna, dalam rangka mewujudkan keseimbangan ekosistem.” Untuk itu saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan lebih memungkinkan lagi dikembangkan sebagai sebuah event yang mampu mendukung pembangunan pada sektor lain termasuk pariwisata dengan tetap mengedepankan aspek kearifan lokal dan pelestarian lingkungan,” ucap Wabup Patriana Krisna.

Sementara untuk pemenang lomba cucak hijau dan murai batu ring Kapolres Cup IX diserahkan langsung oleh Bupati Tamba bersama Kapolres, AKBP. I Dewa Gede Juliana. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA