by

Danrem 131 Santiago: “Mari Kita Jaga Alam Agar Alam Jaga Kita”

KOPI, Sangihe – Gerakan Penanaman Sejuta Pohon adalah program yang digagas oleh Danrem 131 Santiago di seluruh wilayah provinsi Sulawesi Utara, merupakan program TNI-AD dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dan Kodim 1301 Sangihe telah menanam kurang lebih 3.000 pohon melalui 10 Koramil Jajaran di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan acara seremonialnya dilakukan hari ini dengan lokasi pantai Naha, kecamatan Tabukan Utara (Senin, 06/06/2022).

Gerakan penanaman pohon ini masih terus dilakukan dengan mengidentifikasi lahan-lahan kosong yang masih bisa ditanam, serta menjaga agar bibit-bibit pohon yang sudah ditanam tetap terjaga dengan baik.

Bibit pohon yang ditanam hari ini berjumlah 350 bibit pohon ketapang yang berfungsi melindungi pantai dari abrasi, sebagai pohon peneduh, serta sebagai tanaman obat untuk penyakit kanker, diabetes, penguat tulang, serta berfungsi meningkatkan imunitas tubuh.

Pj. Bupati Kepulauan Sangihe, dr. Rinny Tamuntuan sangat mengapresiasikan Program Penanaman Sejuta Pohon di Wilayah Korem 131 Santiago yang gagas oleh Danrem 131 Santiago, Brigjen. TNI., Muklis. S.A.P, M.M, serta mengucapkan selamat datang di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada Danrem 131 Santiago bersama rombongan dalam kegiatan penanaman pohon di Kampung Naha, Kecamatan Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Pemerintah Daerah sengat mengapresiasi kegiatan ini untuk menjaga dan melestarikan lingkungan kita,” ucap Rinny Tamuntuan dalam sambutannya.

Lebih lanjut dikatakannya, “Dengan penanaman pohon ini adalah sebagai bentuk ajakan, bukan hanya untuk TNI dan Pemerintah saja, tetapi untuk seluruh masyarakat agar peduli dan melestarikan lingkungan sekitar serta menjadi lebih baik dan meningkat kualitas lingkungan di sekitar kita, dengan mencintai alam dan menjaganya adalah wujud syukur kita kepada Tuhan,” imbau Rinny Tamuntuan.

Kerjasama TNI dan Pemerintah patut di sinergikan untuk mempererat kerjasama dalam membangun bangsa melalui program-program kerja seperti ini. “Dengan kegiatan hari ini akan semakin mempererat tali silahturahmi antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan TNI,. kami selaku Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe akan mendukung sepenuhnya program-program TNI kedepan dalam meningkatkan kemanunggalan TNI bersama rakyat, karena dengan kemanunggalan ini, semua program kerja dapat berjalan dengan baik, terima kasih untuk TNI yang sudah memberikan karyanya untuk Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Kepulauan Sangihe khususnya,” pungkas Tamuntuan mengakhiri sambutannya.

Program Penanaman Pohon ini dalam pelaksanaanya serentak, bertahap, dan berkelanjutan, serta tanpa batas, dan sampai hari ini Korem 131 Santiago Provinsi Sulawesi Utara, sudah menanam kurang lebih 41.000 pohon yang sudah ditanam oleh seluruh Kodim yang ada di Wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

“Program Penanaman Sejuta Pohon ini adalah kegiatan TNI Angkatan Darat untuk menjaga serta melestarikan lingkungan yang ada di Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, dan sampai saat ini sekitar 41.000 pohon sudah ditanami oleh Kodim yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, yang terpenting adalah bukan aksi penanaman yang dilakukan saat ini secara seremonial saja, tetapi bagaimana kita menjaganya dan merawatnya setelah pohon-pohon ini kita tanami, kita semua harus bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar kita”, ucap Danrem 131 Santiago.

Lebih lanjut Brigjen. TNI., Muklis. S.A.P, M.M, mengatakan, “Pohon ketapang yang dipilih adalah pohon ini sangat cocok ditanam untuk wilayah pesisir pantai yang fungsinya untuk menjaga abrasi pantai, dan program TNI ini akan kita lakukan setiap saat untuk menjaga alam kita, apabila kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita.”

Turut hadir dalam acara Gerakan Penanaman Sejuta Pohon di Pantai Naha adalah Forkopimda Kabupaten Sangihe, Forkopimca Tabukan Utara, Pimpinan OPD Kabupaten Sangihe, Tokoh-tokoh Agama dan Pemuda, Guru-guru dan Siswa-siswi dari sekolah di Kecamatan Tabukan Utara, serta Kapitalaung-kapitalaung sekecamatan Tabukan Utara.
(BENSA)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA