by

Cara Transfer Saldo DANA ke OVO Berserta Syaratnya

-Serba-Serbi, Tips-1,593 views

KOPI, Jakarta – Kehadiran dompet digital DANA dan OVO sudah cukup lama di Indonesia. Namun masih tidak menutup kemungkinan ada yang belum tahu cara transfer DANA ke OVO. Hal ini terjadi karena masih belum lengkapnya informasi detail mengenai metode transfer yang dapat digunakan.

Akan hal tersebut, kami berusaha merangkum beberapa langkah untuk transfer DANA ke OVO. Nantinya, akan ada langkah-langkah mudah dan praktis yang bisa kamu lakukan. Kamu pun bisa melakukan transfer DANA ke OVO sesuai dengan keinginan. Namun, untuk bisa transfer masih ada syarat yang perlu dipenuhi.

Syarat tersebut, memang diberlakukan pada setiap orang yang ingin menggunakan DANA maupun OVO. Jika ingin lebih memahami cara selengkapnya, ulasan pada artikel ini sepertinya akan cukup membantu.

Mengenal Platform DANA dan OVO

Sebelum mengetahui cara transfer DANA ke OVO yang kami kutip dari situs linguabahasa, baiknya tahu dulu tentang kedua platform e-wallet ini. Walaupun sama-sama dompet digital, mungkin ada perbedaan mendasar antar keduanya.

1. Apa Itu DANA?

Platform pertama yang akan dibahas adalah platform DANA. Platform ini, merupakan salah satu dompet digital di Indonesia yang dapat digunakan siapapun untuk melakukan berbagai macam transaksi. Di dalamnya, terdapat banyak fitur yang disediakan.

Selain aman, DANA juga dapat diandalkan untuk berbagai macam pembayaran. Apalagi di era cashless ini, peran DANA sangat membantu. Kamu bisa membayar tagihan dan melakukan berbagai macam transaksi hanya dengan satu akun.

Apalagi, DANA juga dapat diunduh pada perangkat Android dan iOS. Jadi, semua perangkat smartphone, masih bisa menggunakannya dan bukan hanya jenis smartphone tertentu.

Bahkan ada yang menarik dari platform dompet digital satu ini. Kamu pun bisa membayar cicilan, tagihan, dan berbagai macam transaksi yang ada. Selain itu, DANA memiliki beberapa fitur unggulan seperti:

  • DANA Protection yang akan menjamin keamanan transaksi.
  • Scan QR Code untuk membayar secara cashless dan aman.
  • Kirim dan terima uang dari rekening atau dari platform dompet digital lainnya.
  • Dapat digunakan untuk membayar tagihan secara praktis.
  • Bisa menghubungkan saldo rekening bank dengan saldo DANA.

2. Apa Itu OVO?

Sebenarnya, OVO dan DANA memiliki kesamaan, yakni merupakan platform dompet digital dengan peminat terbanyak di Indonesia. Dengan aplikasi OVO, kamu bisa melakukan pembayaran tanpa menggunakan uang tunai.

Bahkan kamu pun tidak butuh kartu untuk membayar apapun. Aplikasi ini, juga bisa dimanfaatkan untuk pembayaran tagihan bulanan, cicilan kredit, belanja online, bahkan investasi juga bisa dilakukan.

OVO pun sama halnya seperti DANA, juga bisa digunakan pada berbagai macam perangkat smartphone. Jadi, bukan hanya jenis smartphone tertentu saja yang bisa memanfaatkannya.

Selain DANA, tentu saja platform satu ini juga memiliki fiturnya sendiri. Adapun fitur yang mereka tawarkan yakni:

  • Bisa bayar apa saja menggunakan OVO.
  • OVO Points yang bisa dikumpulkan untuk menghemat biaya transaksi.
  • Bisa transfer ke seluruh rekening bank.
  • Bisa top up dengan berbagai metode yang terbilang mudah.

Syarat Transfer DANA ke OVO

Selain mengetahui mengenai cara transfer DANA ke OVO, kamu pun harus mengetahui apa saja syarat yang diberlakukan di dalamnya. Ya, hal ini memang telah ditentukan oleh pengembangnya pada setiap pengguna.

Adapun syarat yang diberlakukan yakni:

  • Telah upgrade ke akun DANA Premium.
  • Harus memiliki minimal saldo Rp 10.999.

Namun sebaliknya, ketika ada yang ingin transfer dari OVO ke DANA, juga ada syarat yang diberlakukan. Khusus pengguna OVO, ini syaratnya:

  • Telah upgrade ke akun OVO Premiere.
  • Memiliki minimal saldo Rp 12.500.

Sebenarnya, upgrade akun ke Premiere atau Premium tak hanya memungkinkan kamu melakukan transfer. Melainkan ada cukup banyak keuntungan yang ditawarkan. Misalnya saja, limit saldo yang bisa disimpan, bisa hingga Rp 10.000.000.

Biaya Administrasi Transfer DANA ke OVO

Tak hanya cukup pada syarat di atas saja. Masih ada syarat lainnya yang mesti dipenuhi. Salah satunya adalah biaya admin atau biaya administrasi. Lantaran transfer lintas platform, tentu ada biaya administrasi yang diberlakukan.

Beda halnya kalau kamu transfer ke sesama platform. Tidak akan ada biaya administrasi yang ditetapkan. Untuk biaya transfer DANA ke OVO, yakni Rp 4.500. Sedangkan untuk pengguna baru, masih punya jatah 10 kali gratis transfer.

Selain itu, ada juga batas minimal transfer yang diberlakukan. Jika ingin cara transfer DANA ke OVO berhasil, maka kamu harus transfer minimal Rp 50.000. Di bawah aturan minimum transfer tersebut, maka transaksi tidak bisa dilakukan.

Cara Transfer DANA ke OVO

Setelah mengetahui beberapa syarat untuk transfer, sekarang waktunya kamu tahu bagaimana cara transfer DANA ke OVO. Namun sebelum itu, jangan lupa memastikan bahwa akun DANA milikmu, sudah akun DANA Premium.

Jangan khawatir, cara upgrade ke DANA Premium juga mudah. Kamu hanya perlu melakukan verifikasi KTP. Setelah itu, akun DANA milikmu akan secara otomatis diupgrade ke akun premium.

1. Cara Transfer DANA ke OVO dengan Menggunakan Fitur Kirim

Cara transfer DANA ke OVO pertama yang bisa kamu lakukan, yakni dengan menggunakan fitur Kirim. Lewat fitur ini, kamu bisa melakukan transaksi dari DANA ke OVO sesuai keinginan. Adapun langkah-langkahnya yakni:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih fitur Kirim.
  3. Pilih Kirim ke Rekening Bank.
  4. Jika sudah muncul, pilih Bank National Nobu atau CIMB Niaga.
  5. Jika selesai, masukkan kode bank dengan nomor HP yang digunakan pada OVO.
  6. Jika memilih Bank Nasional Nobu, formatnya 9+nomor telepon OVO.
  7. Jika memilih CIMB Niaga, formatnya 8099+nomor telepon OVO.
  8. Saat selesai, tulis nama pada kolom.
  9. Kemudian, isilah keterangan secara lengkap.
  10. Klik Tambah Bank Baru.
  11. Masukkan nominalnya.
  12. Klik Lanjut.
  13. Tambahkan keterangan jika memang membutuhkannya.
  14. Cek ulang akun OVO milikmu.
  15. Kalau sudah benar, maka pilih Konfirmasi.
  16. Masukkan PIN DANA sama seperti awal membukanya.
  17. Tunggu beberapa waktu sampai jendela mengenai berhasilnya transfer ditampilkan.
  18. Selesai.

Setelah tahap tersebut, kamu bisa langsung melakukan pengecekan pada akun OVO yang dimiliki. Cek apakah saldo yang dikirimkan dari DANA, sudah masuk atau belum. Jika sudah, maka selamat, transaksi menggunakan cara di atas sudah berhasil.

2. Cara Transfer DANA ke OVO dengan Fitur Tarik Saldo

Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan transfer menggunakan fitur Tarik Saldo. Cara yang perlu dilakukan, juga tergolong mudah. Tinggal ikuti saja beberapa langkah berikut:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Masuk ke Menu kemudian Lihat Semua.
  3. Pilih Tarik Saldo.
  4. Klik Transfer Bank.
  5. Masukkan nominal uangnya.
  6. Bisa memilih Bank National Nobu atau CIMB Niaga.
  7. Masukkan kode sesuai dengan format yang tadi dijelaskan.
  8. Pilih Tarik Saldo.
  9. Masukkan PIN DANA untuk melakukan konfirmasi.
  10. Tunggu beberapa waktu sampai ada notifikasi berhasil muncul.
  11. Selesai.

Penutup

Dengan dua cara transfer DANA ke OVO di atas, kini saldo DANA milikmu akan berpindah ke akun DANA yang dimiliki. Pilih cara yang manapun tidak masalah, keduanya sama-sama mudah dilakukan.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA