by

4 Cara Menulis Artikel Kesehatan Blog atau Website

KOPI, Jakarta – Awalnya harus dipahami jika “Panduan Menulis Artikel Kesehatan” ini bukanlah untuk penulisan kreasi ilmiah atau jurnal kesehatan, tetapi menulis untuk sebuah artikel website atau web.

Meski begitu, panduan ini menjadi referensi untuk menulis “paper” atau karya tulis simpel untuk pekerjaan sekolah atau kuliah.

Salah satunya info yang banyak dicari orang di internet ialah Artikel kesehatan. Info kesehatan sering dicari orang sebagai info untuk meneruskan perlakuan klinis seterusnya, yang dirasakan pembaca. Disamping itu, sering dipakai sebagai rekomendasi tulisan mereka.

Membuat artikel kesehatan untuk website sebetulnya hampir sama dengan beberapa artikel tipe topik yang lain. Tetapi sebagai kunci khusus ialah artikel kesehatan harus betul-betul tepat dan paling dipercaya.

Ini terkait dengan kesehatan yang disebut hal yang paling di kehidupan. Tidak seorangpun ingin sakit.

Disamping itu, menulis sebuah artikel kesehatan mempunyai beban tanggung-jawab kepribadian.

Maka dari itu, tidak sembarangan orang berani membuat artikel kesehatan, tetapi cuma mereka yang betul-betul kuasai mengenai kesehatan atau penulis mempunyai sumber rekomendasi yang tepat dan dipercayai, bukan hoaks.

Menulis Artikel Kesehatan di Website

Menulis sebuah artikel website pada intinya tidak mempunyai ketentuan penulisan yang baku. Berlainan dengan kreasi ilmiah atau penulisan jurnal yang mempunyai ketentuan tertentu.

Misalkan Penulisan Artikel Jurnal Pengajaran. Namun, menulis artikel website masih tetap merujuk ke kecocokan topik dan isi tulisan dan info yang gampang diterima pembaca.

Disamping itu, tata bahasa artikel dapat disamakan dengan sasaran pembaca website. Tata bahasa artikel untuk kelompok remaja bisa jadi berlainan dengan artikel yang dibikin untuk maksud sebagai rekomendasi.

Garis besar penulisan artikel kesehatan untuk website atau web, seperti berikut:

1. Tentukan Topik

Seorang penulis bila ingin membuat suatu tulisan cara pertama kalinya ialah tentukan topik tulisan. Demikian pula blogger yang hendak menulis artikel kesehatan di situsnya.

Walau topik kesehatan benar-benar luas, tetapi kita dapat tentukan topik lebih detil kembali. Seumpama ingin membuat tulisan mengenai langkah menyembuhkan penyakit, karena itu dapat pilih topik langkah menyembuhkan masuk angin. Masuk asing jadi topik tulisan.

2. Membuat Rangka Tulisan

Walau bukan artikel kreasi ilmiah, artikel website perlu tetap memakai rangka tulisan, walau secara simpel seperti pembukaan, isi dan penutup.

Selainnya mempermudah penulisan, info yang dikatakan semakin lebih teratur hingga mempermudah pembaca tangkap info yang ada.

3. Sumber Rekomendasi

Sumber rekomendasi penting dalam artikel kesehatan. Maka dari itu cari dan membaca sumber rekomendasi yang paling dipercaya baik itu dari internet atau buku benar-benar dibutuhkan.

Tetapi, seharusnya check sumber rekomendasi, khususnya yang dari internet (situs) bukan mengambil sumber dari informasi hoaks. Makin bertambah rekomendasi akan makin baik isi info dari artikel yang dibikin hingga tulisan lebih kaya dan komplet.

Beberapa artikel kesehatan dengan bahasa Inggris. Bila belum memahami, dapat turut EF Adults Pelatihan Bahasa Inggris Professional.

4. Ulasan Tulisan

Panjang pendek artikel di website relatif dan tidak ada ketentuan baku. Yang paling penting info yang ingin dikatakan ke pembaca telah tercukupi secara jelas dan singkat.

Tak perlu panjang tetapi berbelit-belit. Tetapi tidak boleh terlampau pendek cuma point keutamaan saja. Dan yang paling penting kerjakan ulasan tulisan. Coba periksa lagi apa tulisan yang telah dibikin sudah memberi info tepat dengan jelas dan singkat, dan sedikit salah tulisan (salah ketik).

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA