by

Perbedaan SSD dengan Hardisk Pada Web Hosting yang Perlu Anda Pahami

KOPI, Perbedaan SSD dengan Hardisk – Seiring dengan perkembangan zaman teknologi penyimpanan terus mengalami kemajuan. Ini dibuktikan dengan terciptanya SSD atau Solid State Drive. Tapi apa itu SSD? Teknologi ini digadang-gadang memiliki keunggulan yang jauh lebih baik daripada pendahulunya yaitu HDD atau harddisk.

Penggunaan SSD tidak hanya meningkatkan kinerja perangkat keras. Layanan Server adalah sistem penyimpanan pun turut merasakan dampak positifnya. Berikut akan kami jelaskan tentang Perbedaan SSD dengan Hardisk dan apa pengaruhnya terhadap website yang sudah menggunakan layanan paket VPS Hosting SSD sebagai infrastrukturnya.

Mengenal Pengertian SSD (Solid State Drive)

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive. Menilik dari segi teknologi, SSD sendiri adalah media penyimpanan yang memiliki kecepatan berkali-kali lipat dibandingkan pendahulunya, HDD. Kecepatan ini didapatkan oleh SSD berkat teknologi penyimpanan pada chip digital yang tertanam di dalamnya.

Secara umum, ada dua macam jenis hardware SSD yang dijual di pasaran untuk komputer. Yaitu SSD SATA dan SSD M.2. Keduanya digunakan sesuai keperluan dan ketersediaan slot. Karena SATA dan M.2 memiliki slot yang berbeda pada PC.

Dari segi kualitas dan kecepatan, SSD M.2 jauh lebih baik dibandingkan SSD SATA. Tentu saja ini berdampak pada harganya yang sedikit lebih mahal daripada saudaranya tersebut.

Perbedaan SSD dan HDD

Perbedaan SSD dengan Hardisk ini dapat dibedakan berdasarkan beberapa aspek, berikut di antaranya :

Cara Kerja

Perbedaan SSD dengan Hardisk paling terlihat ada pada bagaimana cara kedua sistem penyimpanan ini memproses data. HDD memiliki cakram bergerak yang akan berbunyi ketika menulis data. Cara ini bisa disebut juga dengan metode mekanik. 

Sedangkan SSD menggunakan chip digital yang tertanam. Sehingga tidak ada bagian yang bergerak dan pemrosesan data dilakukan secara senyap.

Kecepatan

Pada kondisi yang sama-sama prima, SSD memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada HDD. Ini juga tidak lepas dari fakta bahwa SSD tidak memiliki bagian yang bergerak ketika memproses data sehingga proses datanya menjadi lebih cepat daripada HDD.

Konsumsi Energi

Masih terkait dengan bagian yang bergerak dan tidak bergerak, SSD mengkonsumsi energi yang lebih rendah daripada HDD karena tidak memiliki cakram berputar. Tapi hal ini tidak akan kamu rasakan jika kamu menggunakan layanan web hosting.

Konsumsi energi ini umumnya penting untuk diperhatikan bagi mereka yang sedang merakit PC dan menentukan akan menggunakan sistem penyimpanan HDD atau SSD.

Kapasitas Penyimpanan

Perbedaan SSD dengan Hardisk dari segi kapasitas penyimpanan, pada umumnya HDD memiliki kapasitas yang lebih besar dari SSD dengan harga yang sama. Tak heran banyak orang yang mengkombinasikan SSD dan HDD pada komputer mereka dengan tujuan HDD diperuntukkan khusus untuk penyimpanan file saja.

Harga

Karena kecanggihan teknologi yang dimiliki SSD dan semua kelebihannya, tak heran jika SSD memiliki harga yang lebih mahal. Dengan kapasitas yang sama, SSD SATA biasanya memiliki harga 2-3 kali lipat dibandingkan HDD. 

Harga ini bisa melonjak 5-8 kali lipat jika SSD tersebut berjenis M.2. Hal ini dikarenakan SSD M.2 memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada SSD SATA atau HDD.

Batas Usia

Tak bisa dipungkiri setiap sistem penyimpanan pasti akan mengalami penurunan kualitas setiap kali melakukan pemrosesan data. Tak terkecuali SSD. Namun SSD memiliki sistem pintar bernama Terabytes Written atau TBW yang dapat memperbaiki perangkat ketika terjadi kerusakan.

Ini membuat SSD memiliki usia yang relatif lebih lama daripada HDD. Dengan penggunaan normal, SSD bisa bertahan hingga 10 tahun hingga benar-benar rusak.

Kelebihan Web Hosting Menggunakan SSD

Setelah memahami tentang Perbedaan SSD dengan Hardisk, selanjutnya kami akan bagikan apa keunggulan menggunakan web hosting dengan penyimpanan SSD. Simak informasi selengkapnya berikut ini :

1. Pemrosesan Data Lebih Cepat

Dengan menggunakan SSD, maka pemrosesan data yang ada pada website milikmu akan lebih cepat. Ini akan menunjang user experience pengunjung website dan membuat mereka lebih nyaman ketika menggunakan fitur-fitur yang ada pada website tersebut.

Perbedaannya tidak terlalu terlihat dibandingkan dengan menggunakan HDD jika website milikmu masih berskala kecil. Tapi saat website-mu sudah besar dengan ribuan bahkan jutaan pengunjung, maka perbedaannya akan sangat signifikan.

2. Daya Tahan Lebih Tangguh

Rata-rata SSD hanya mengkonsumsi daya sebanyak 3 Watt saja sedangkan HDD 7 Watt. Meskipun tidak terlalu jauh, namun perbedaannya akan sangat terasa ketika kamu mengelola hosting website sendiri dengan skala yang sangat besar.

Penggunaan SSD dapat memastikan ketahanan website yang lebih tangguh karena tidak membutuhkan terlalu banyak daya. Selain itu hemat daya dari SSD ini juga bisa berdampak baik pada lingkungan.

Informasi mengenai apa itu SSD dan apa dampaknya pada web hosting ini akan sangat berguna jika kamu sedang melakukan riset untuk memilih hosting bagi website milikmu. Cermatilah setiap penawaran yang ada di internet dan pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhanmu.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA