by

Perbaikan Infrastruktur, Bupati Tamba Lakukan Sosialisasi ke Warga

KOPI, Jembrana – Pemkab Jembrana melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Kabupaten Jembrana melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat Kelurahan Pendem, bertempat di Balai Lingkungan Pendem, Kecamatan Jembrana, Sabtu (30/4/2022). Sosialisasi tersebut bertujuan terkait untuk persiapan pembangunan jalan Jalak Putih.

Dalam Sosialisasi tersebut juga dihadiri Bupati I Nengah Tamba terkait persiapan pembangunan jalan jalak putih Kelurahan Pendem yang kondisinya rusak.

Kadis PUPRPKP Sudiarta mengatakan bahwa “Perbaikan jalan ini nantinya akan menggunakan Hotmik dan untuk bahu jalannya akan menggunakan beton sepanjang 1,770 kilometer adapun lebarnya menyusuaikan kondisi eksisting di lapangan. Untuk nilai pagu anggaran menelan biaya sebesar Rp3.2 miliyar sebelum proses tender,” ucap Kadis PUPRPKP Sudiarta.

Kadis PUPRPKP menambahkan anggaran perbaikan jalan tersebut menggunakan dana DAK dari Pemerintah Pusat. Jembrana mendapatkan dana DAK baik itu dana reguler maupun penugasan, senilai 44 milyar. 

“Ini perlu kami sampaikan bahwa di tahun 2021 kita mendapatkan dana DAK itu awalnya 10,5 miliyar, sekarang meningkatkan menjadi 44 milyar. Ini merupakan berkat kerja keras Bapak Bupati, sehingga kita di Kabupaten Jembrana diberikan tambahan dana. Kalau kita hitung awalnya hanya 10,5 miliyar hampir meningkat empat kali lipat. Mudah-mudahan hal ini bisa kita tingkatkan dan pembangunan infrastruktur bisa terus ditingkatkan,” jelas Kadis PUPRPKP Sudiarta. 

Sudiarta juga meminta kepada pemenang tender agar selalu memperhatikan kepentingan masyarakat, terutama penerima manfaat. Agar nantinya masyarakat di sana tidak dirugikan, karena ini merupakan akses untuk keluar masuknya kegiatan masyarakat. Masyarakat juga diminta turut serta berpartisipasi baik dalam mengawasi ataupun memelihara jalan yang di maksud.

 “Agar nanti bisa awet dan bisa berfungsi sesuai dengan fungsinya sebagai jalan utama. Jadi perlu peran serta masyarakat untuk mengawasi,” harap Kadis PUPRPKP Sudiarta.

Sementara di hadapan warga masyarakat yang hadir dalam sosialisasi tersebut, Bupati Tamba mengatakan bahwa di tahun ini jalan yang rusak akan bisa dikerjakan. Bupati menyebut ada andil masyarakat dalam mengusulkan.

Bupati yang berasal dari Desa Kaliakah tersebut juga memahami tentang keluhan warga, yang melalui medsos ingin perbaikan jalan. Kondisi tersebut Bupati Tamba mengatakan bahwa sejatinya pemerintah bukanlah tidak tanggap namun disebabkan kondisi keuangan yang terbatas. 

“Keuangan kita kecil sekali. Pendapatan daerah kita hanya 140 miliyar tahun ini, kemudian jumlah APBD kita sekitar 1,1 triliun, dari tersebut, 60 persen sudah kita gunakan untuk pembayaran gaji, pembayaran BPJS dan lain-lain, kemudian 40 persen kita bagi untuk di alokasikan lagi,” jelas Bupati Tamba.

Hal tersebut Bupati Tamba mengatakan bahwa keterbatasan itu dianggap sebagai sepirit untuk tidak tinggal diam saja. Namun berusaha bekerja keras untuk mencari tambahan anggaran.

“Astungkara kita tetap semangat dan terus bekerja. Begitu saya dilantik jadi Bupati Jembrana, kita tidak mau diam dan tidak mau mununggu uang jatuh dari langit,” ucap Bupati Tamba.

Dalam hal tersebut Bupati Tamba menjelaskan bahwa tahun 2022 ini dari proposal yang sudah dijalankan tersedia  anggaran sebesar 800,6 miliyar. Ia berharap itu semua terealisasi dari pusat. 

“Jika ini semua keluar, ekonomi di Jembrana akan bergerak. Urusan infrastruktur mungkin sudah selesai ditambah lagi nanti dengan usulan yang lain ada sekitar 300 miliyar untuk abrasi, baik sungai maupun pantai semua akan kita kerjakan,” jelas Bupati Tamba.

Terkait keberadaan infrastruktur, Bupati Tamba berpesan, agar para camat dan lurah selalu mengadakan gotong royong untuk menjaga keberadaan jalan. “Saya minta kepada lurah dan camat selalu mengadakan gotong royong merawat jalan dan menjaga jangan sampai air itu naik ke jalan, sehingga umur jalan bisa lama dan terjaga,” harap Bupati Tamba.

Terakhir, Bupati Tamba juga mengajak masyarakat untuk membantu ikut mensukseskan program pembangunan, agar seluruhnya dapat berjalan dengan baik. “Kami berusaha dan senantiasa bekerja keras agar seluruh program visi misi Bupati Jembrana Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana itu bisa berjalan dengan baik. Dan masyarakat turut berperan, untuk membantu tanpa peran dan semangat masyarakat kami tidak bisa berjalan,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA