by

Meja Makan Minimalis, Solusi Ruang Makan dan Dapur Jadi Satu

KOPI, Jakarta – Di dalam hunian mungil, menyatukan beberapa ruang dengan fungsi mirip menjadi salah satu hal yang umum diterapkan. Konsep ini disebut dengan desain open plan. Contohnya adalah menyatukan ruang makan dan dapur. Menyatukan ruang makan dan dapur merupakan contoh yang praktis dan solutif.

Ketika masakan matang, kamu bisa lebih cepat menyajikannya. Terutama saat membawa piring kotor untuk dicuci. Meja makan bisa menjadi solusi yang membuat ruang makan & dapur berintegrasi.

Uwitan punya beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebelum membeli meja makan yang cocok. Yuk, simak beberapa poin berikut!

Ukur Area Meja

Supaya meja makan pas ketika diletakkan, jangan lupa mengukur area yang kamu letakkan meja makan. Umumnya, kamu bisa mengukurnya menggunakan meteran.

Cara kedua, kamu bisa memvisualisasikan panjang dan tinggi meja yang dibutuhkan menggunakan kursi kerja minimalis dan ubin yang terpasang di rumah. Susun kursi-kursi tersebut (sebanyak yang dibutuhkan) di atas lantai membentuk lingkaran, persegi atau persegi panjang, sesuaikan saja bentuknya.

Selanjutnya, hitung jumlah ubin yang ditempati kursi. Dari jumlah ini, kamu bisa mendapat perkiraan ukuran panjang dan lebar meja. Gunakan tinggi kursi sebagai acuan untuk memperoleh tinggi meja. Cara kedua bisa menjadi alternatif jika kamu tidak memiliki alat ukur meteran. Meskipun bukan ukuran sesungguhnya, cara kedua sedikit bisa membantumu untuk memperoleh meja makan yang pas.

Tentukan Anggaran

Harga meja makan bisa ditentukan oleh beberapa faktor antara lain ukuran, gaya, kualitas pengerjaan, dan bahan. Sebelum membeli yang baru, ada baiknya membuat anggaran khusus. Dengan adanya anggaran, kamu bisa membeli desain meja yang sesuai keinginan tanpa mengganggu keuangan lain. Cara lainnya, kamu bisa mengunjungi beberapa toko mebel atau barang bekas untuk membeli furniture bekas layak pakai (second-hand furniture).

Pertimbangkan Kebutuhan Penataan

Penting menentukan meja makan yang cocok sebelum membeli. Pertama, karena akan menentukan kursi yang akan dipakai. Kedua, tiap meja memiliki style.

Meja makan berbentuk persegi dan persegi panjang merupakan model yang umum kita temui. Ada yang memiliki tambahan fitur, seperti laci.

Berbeda dengan meja makan bundar tau oval. Model ini akan cocok untuk tempat berkumpul atau berbincang-bincang karena tanpa sudut. Meja tanpa sudut memberikan kebebasan penggunanya untuk duduk di sisi manapun sesuka hati. Karena tanpa sudut, meja model ini juga menyisakan space yang cukup banyak di dekatnya dan cocok ditaruh di pojok ruangan.

Setelah menerapkan tips di atas, sekarang waktunya cek beberapa inspirasi model maja makan minimalis untuk memaksimalkan ruang makan & dapur open plan milikmu. Yuk, kita cek satu-persatu pilihannya!

Meja Makan dengan Sudut Lengkung dan Storage Tersembunyi

Tak harus berbentuk kotak, model meja makan yang memiliki sudut lengkung pun bisa menjadi pilihan untuk ruang makan & dapur yang menyatu. Desain ini memiliki kesan dinamis dan tidak monoton sehingga memberikan kenyamanan secara visual.

Selain bersudut lengkung, ada juga yang dilengkapi laci kecil. Laci kecil di bawah meja bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan tatakan gelas, placemat, dan lap meja. Model meja di atas cocok diletakkan di ruang dengan style Japandi, minimalis atau Scandinavian.

Meja Makan Lipat untuk Menghemat Ruang

Tak jarang kita menemukan furniture dengan desain lipat, salah satunya meja lipat. Keunikannya, furniture ini bisa didesain built-in dengan laci sehingga menjadi furniture multifungsi, misalnya seperti meja makan lipat di atas. Dengan begitu, kamu tidak perlu membeli storage kecil tambahan.

Selain itu, model meja lipat juga tidak memerlukan tempat yang luas. Kalau sedang tidak dipakai, kamu tinggal melipatnya saja dan ruangan pun jadi lebih lega. Jenis meja seperti ini cocok untuk kamu yang menyukai gaya hidup minimalis dan praktis. Model meja lipat ini bisa menjadi primadona atau daya tarik bagi para tamu yang berkunjung ke rumah.  

Kitchen Island, Furniture Multifungsi untuk Masak dan Makan

Desain ruang makan dan dapur minimalis membutuhkan furniture multifungsi. Kitchen island menjadi furniture yang mesti kamu miliki di ruang makan dan dapur milikmu. Meskipun memiliki ukuran yang besar dan berbentuk persegi panjang, kehadiran kitchen island bisa menambah keindahan, kenyamanan, dan penyimpanan di dapur.

Meja dapur satu ini merupakan unit meja di dapur yang berdiri terpisah. Bentuknya memang berbeda namun dapat kamu manfaatkan untuk menyantap makanan & minuman, tempat memotong bahan masakan, bersantai maupun berkumpul bersama keluarga. Rak dan laci di bawah bagian meja menyediakan ruang tambahan untuk menyimpan peralatan dapur. Solusi yang nyaman tapi hemat tempat.

Sofa Dining Table untuk Suasana Makan yang Beda

Sofa Dining Table memiliki kesan yang berbeda dengan meja makan lainnya. Bila kamu mencari meja yang dapat disandingkan dengan sofa, model ini bisa masuk dalam daftar belanjamu. Sesuai dengan namanya, meja ini dapat kamu padukan dengan sofa berbentuk kotak, sofa L atau sesuai selera. Sofa Dining Table tidak hanya cocok ditaruh di ruang makan tapi juga ruang keluarga. Sofa Dining Table membuat aktivitas makan serasa seperti di restoran.

Meja Makan Panjang dengan Desain Simpel

Meja makan kayu dengan desain simpel tak pernah lekang oleh waktu. Karena desain yang simpel dan karakter bahan yang kuat, menjadikannya nyaman sekaligus estetik. Tampilan yang simpel dan clean membuat meja tersebut mudah kamu padukan dengan kursi, bench, atau model kursi lainnya.

Kalau kamu sedang mencari furniture minimalis untuk kebutuhan banyak orang, model meja makan persegi panjang dengan desain simpel di atas bisa menjadi pilihan. Model ini cocok ditaruh di ruang makan dan dapur dengan style Japandi, modern-minimalis, atau Scandinavian.

Bukan hanya meja kerja saja, meja makan pun memang perlu dipilih dengan seksama supaya aktiivitas makan bersama bisa lebih nyaman dan erat. Yuk, ciptakan suasana makan di rumah dengan lebih nyaman dan estetik dengan furniture yang sesuai dengan kebutuhan dan style interior di hunianmu. Kamu bisa menemukan dekorasi unik, lemari penyimpanan, dan furniture ruang makan & dapur lain yang lebih banyak di Uwitan.

Kira-kira dari lima pilihan di atas, mana nih meja yang paling menarik perhatianmu?

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA