by

Ketua TP-PKK Jembrana Candrawati Tamba Ajak Kader Dukung Progam

KOPI, Jembrana – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Jembrana Ny. Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba mengajak seluruh kader TP-PKK Jembrana, di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa untuk terus mendukung penuh program yang dilaksanakan TP-PKK Provinsi Bali. Hal tersebut disampaikan, saat mendampingi Ny. Putri Suastini Koster dalam lawatannya ke Jembrana tepatnya di Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo dan Desa Perancak, Kecamatan Jembrana dalam program Menyapa dan Berbagi, Senin (23/5/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Jembrana Ny. Inda Swari Dewi Patriana Krisna, anggota TP-PKK Provinsi Bali, Kader TP-PKK Kabupaten Jembrana, Pimpinan OPD terkait serta camat dan perangkat desa.

“Kami merasa bangga dan senang atas kunjungan Ibu ke Jembrana. Mudah-mudahan melalui kunjungan Ibu dapat memotivasi kami PKK Jembrana untuk terus berbuat dan bergerak membantu masyarakat. Dan teruntuk seluruh kader yang ada di Jembrana, Tiang (saya) mengajak untuk selalu mendukung penuh program TP-PKK Provinsi Bali, salah satunya program menyapa dan berbagi yang sangat luar biasa ini,” ucap Ny. Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba.

Lebih lanjut, Candrawati Tamba menuturkan apa yang menjadi arahan Ibu Ketua TP-PKK Provinsi Bali. TP-PKK Jembrana secara continue dalam berbagai kegiatan terus mensosialisasikan program PKK yang langsung menyentuh masyarakat.

“Seperti halnya, kami selalu mendata warga yang membutuhkan perhatian khusus, melanjutkan aksi sosial serta menyosialisasikan sampah berbasis sumber dan program ‘Aku Hatinya PKK’. Kita tahu program ini sudah terbukti nyata dalam membantu kebutuhan masyarakat khususnya dalam menunjang ekonomi keluarga,” jelas Ketua TP-PKK Jembrana Ayu Candrawati Tamba.

Sementara itu Ketua TP-PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster dalam sambutannya mengatakan bahwa di samping kunjungan kerja, kegiatan ini sekaligus menyapa dan berbagi untuk mengetahui kondisi masyarakat secara langsung di dua kecamatan yang ada di Kabupaten Jembrana. “Lewat program ini, titiang (saya) selaku Ketua TP-PKK Provinsi Bali bersinergi dengan TP-PKK Jembrana, sekaligus ingin berbagi kepada masyarakat, semoga bantuan ini sedikit tidaknya dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan di keluarga masing-masing,” ujar Ny. Putri Suastini Koster.

Di kesempatan yang sama, wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri Koster tersebut mensosialisasikan pola penanganan stunting sejak dini, bahkan saat para wanita sedang mengandung, karena pencegahan dini stunting juga menjadi salah salah satu konsen program TP-PKK. “Berbicara tentang stunting, harus betul-betul mendapatkan perhatian yang serius, karena kita tahu dapat mengancam keberlangsungan generasi penerus bangsa.”

“Tentu hal awal yang harus dilakukan untuk mengantisipasinya, bagaimana seorang ibu saat mengandung harus mendapat asupan nutrisi yang cukup, termasuk melengkapi asupan gizi yang ada pada susu diharapkan mampu melahirkan generasi bangsa yang sehat, lengkap, kuat, cerdas dan berkualitas,” harap Ny. Putri Suastini Koster.

Adapun dua desa tersebut diserahkan bantuan satu ton beras untuk 50 orang dengan rincian penerima sebagai berikut:

  1. 10 orang balita gizi buruk/kurang gizi
  2. 10 orang ibu hamil kekurangan energi khusus (KEK)
  3. 10 orang lansia
  4. 10 orang penyandang disabilitas
  5. 10 kader PKK.

Selain itu diserahkan pula bantuan susu dengan jumlah variatif yaitu 8 kotak untuk balita gizi buruk/kurang gizi, 2 kotak untuk masing-masing difabel, ibu hamil dengan KEK dan lansia. Dan seluruh penerima bantuan juga mendapat 1 krat telur. 

Selain bantuan tersebut juga penerima diberi bantuan berupa tanaman sebanyak 200 pohon bibit yang diserahkan oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali, I Made Teja kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Jembrana Ny. Candrawati Tamba. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA