by

Hadiri Peringati Hari BPR-BPRS Nasional, Bupati Tamba: BPR Jadi Partner UMKM

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya menghadiri acara Peringatan Hari BPR-BPRS Nasional tahun 2022 di Bali. Kegiatan tersebut di pusatkan di Anjungan Cerdas Mandiri Rambut Siwi, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu (21/5/2022).

Peringatan Hari BPR-BPRS Nasional Tahun 2022 tersebut berlangsung meriah dengan mengambil tema ‘Kita tingkatkan peran serta BPR-BPRS dalam pelayanan berbasis digital kepada UMKM’. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh Direksi BPR-BPRS Bali se-Bali, Ketua DPD Perbarindo se-Bali, dan Ketua DPK Perbarindo, se-Bali.

Puncak peringatan Hari BPR-BPRS Nasional di Bali tersebut, di awali dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tamba yang diberikan kepada Ketua DPD Perbarindo Bali I Ketut Wiratjana. Dan sekaligus membuka acara peringatan hari BPR-BPRS Nasional. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tamba menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Kabupaten Jembrana sebagai lokasi pelaksanaan peringatan Hari BPR-BPRS Nasional tahun 2022. “Saya mengucapkan terima kasih dipilihnya Kabupaten Jembrana oleh beliau yang mempunyai aktifitas perbankan dan tentu dalam hal ini, saya mengajak masyarakat Jembrana untuk memanfaakan dalam hal perbankan karena UMKM kita sudah mulai bergerak bagus, maka yang menjadi partner pertama itu adalah bank,” ucap Bupati Tamba.

Selain itu, Bupati Tamba juga mengutarakan agar BPR yang ada di Jembrana dapat memberikan edukasinya kepada para nasabah. Dan dana yang diterimanya nanti dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

“Saya berharap pihak bank bisa memberikan edukasi kepada para calon penerima bantuan perbankan jangan sampai hasil dari kredit yang diterima oleh calon penerima kredit tersebut, disalah gunakan, pergerakan ekonomi akan sangat bagus sekali apabila pemanfaatan BPR yang ada di Jembrana dimanfaatkan dengan baik, harapan saya seperti itu, karena kita mempunyai cita-cita di tahun 2026 Jembrana sebagai tahun emas,” ujar Bupati Tamba.

Sementara itu Ketua DPD Perbarindo Bali, I Ketut Wiratjana menyampaikan bahwa Peringatan Hari BPR-BPRS dilakukan serentak di seluruh Indonesia tepatnya pada 21 Mei 2022. “Pada kesempatan yang bersamaan juga seluruh Indonesia pada hari ini merayakan Hari BPR-BPRS Nasional di masing-masing Provinsi di 24 Provinsi, dan oleh karena itu, kami memilih tempat di Jembrana karena bersamaan pada saat ini juga Touring dari Denpasar sampai ke Jembrana yang diikuti 600 orang BPR-BPRS se-Bali,”  ucap Ketua DPD Perbarindo Bali I Ketut Wiratjana.

Ketua DPD Perbarindo Bali I Ketut Wiratjana menjelaskan bahwa, terkait sirkulasi pendanaan yang ada di BPR se-Bali dan keistimewaan BPR dibandingkan dengan bank umum adalah bisa memberikan pelayanan lebih kepada nasabah. “Sementara untuk saat ini total aset BPR sebesar 15,58 triliun dan kredit yang sudah disalurkan ke seluruh Bali sebesar 11,9 Triliun, sedangkan dana pihak ketiga yang dihimpun oleh BPR di seluruh Bali tersebut sebesar 13,53 triliun.”

“Di Bali ada 134 BPR-BPRS, sehingga uraiannya adalah sebanyak 133 BPR konvensional dan 1 BPRS. Saya informasikan kalau BPR diberikan keistimewaan, kelebihan dari BPR adalah diberikan keistimewaan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dijamin lebih besar bunganya yaitu sebesar 2,5 persen pertahun,” terang I Ketut Wiratjana. 

Di lain sisi Ananda R. Mooy yang merupakan Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Bali menuturkan bahwa tentang keberadaan BPR di Kabupaten Jembrana, memiliki kontribusi terhadap kemajuan perekonomian di Jembrana. “Khusus di Kabupaten Jembrana terdapat 1 Kantor Pusat BPR, 3 kantor cabang dan 2 kantor kas. Terdapat 28 Milyar dana pihak ketiga, 68 Milyar kredit dan 84 Milyar aset.”

“Kontribusi BPR di Kabupaten Jembrana untuk meningkatkan inklusi keuangan dan perekonomian perlu terus ditingkatkan, mengingat perekonomian Kabupaten Jembrana kembali pulih dan terus meningkat dalam masa pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini. Semua ini adalah prestasi Bapak Bupati Tamba yang sangat energik,” tuturnya.(AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA