by

Enam Peratin Terpilih di Kecamatan Batu Ketulis dan Sekincau Dilantik Bupati Lambar

KOPI, Lampung Barat – Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus melantik enam peratin terpilih di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Batu Ketulis dan Kecamatan Sekincau, Minggu (22/05/22). Pelantikan tersebut merupakan hasil Pemilihan Peratin Serentak gelombang pertama yang diikuti 60 Pekon (Desa) yang ada di Kabupaten Lampung Barat yang dilaksanakan pada 23 Februari 2022 lalu.

Peratin terpilih di Kecamatan Batu Ketulis yang dilantik Parosil berjumlah empat orang dan dua orang di Kecamatan Sekincau. Berikut nama peratin terpilih, di antaranya;

  1. Sdr. Mat Riyadi, S.Pd sebagai Peratin Pekon Luas.
  2. Sdr. Suryanto sebagai Peratin Pekon Argomulyo.
  3. Sdr. Murtoyo Sebagai Peratin Pekon Batu Kebayan.
  4. Sdr. Nasution Sebagai Peratin Pekon Campang Tiga.

Sementara dua Peratin terpilih di Kecamatan Sekincau yang dilantik ialah:

  1. Sdr. Heri Subagio Sebagai Peratin Pekon Waspada.
  2. Sdr. Subandi, S.E,. sebagai Peratin Pekon Tiga Jaya.

Prosesi pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan oleh para peratin terpilih yang dipimpin langsung Bupati Lambar Parosil Mabsus. Dalam sambutannya, Parosil mengucapkan selamat dan sukses kepada peratin yang baru saja dilantik, semoga pemimpin baru ini bisa menjalankan amanah dengan baik sesuai aturan Undang-Undang yang berlaku.

“Tugas peratin adalah menciptakan suasana keamanan, ketertiban, kesejahteraan, keharmonisan, kedamaian dan ketenangan untuk masyarakat,” ucapnya.

Lanjutnya, para peratin dilantik secara konstitusi dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka dari itu fokuskan pada tujuan saudara-saudara yaitu membangun dan memajukan pekon dan yang tak kalah penting harus bekerjasama dengan Uspika Kecamatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat secara umum. Parosil berharap agar para Peratin dapat mempelajari peraturan-peraturan dengan baik sebagai peratin.

“Saya harap kepada peratin dapat mempelajari peraturan yang berlaku, agar dapat menjalankan tugas dan fungsi sebagai peratin dengan sebaik-baiknya serta Peratin terpilih dapat memunculkan motivasi, inovasi serta pemikiran yang aktual untuk mengisi pembangunan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, ia berharap kepada peratin dapat memberikan kinerja yang baik, dedikasi dan loyalitas untuk pelayanan publik yang berkualitas dan prima di Kabupaten Lampung Barat. Kemudian, Parosil menyampaikan pesan kepada seluruh Peratin terpilih khususnya Peratin yang baru menjabat agar tetap berkoordinasi dengan Peratin sebelumnya sebagai tempat belajar.

“Koordinasi dengan Peratin sebelumnya, ajak bersama-sama bergotong royong saling bertukar pikiran dalam memajukan pekon. Jadikan Peratin sebelumnya sebagai gurumu, sahabatmu, Keluargamu, karena dia bisa menjadi tempat belajar, masukan dan saran bagi saudara-saudara,” paparnya.

Selanjutnya atas nama pribadi dan selaku Kepala Daerah, Parosil mengucapkan terima kasih kepada Polri-TNI dan seluruh pihak atas kerjasama dan bantuannya selama pelaksanaan proses pelantikan Peratin periode 2022-2028 se-Kabupaten Lampung Barat.

“Terima kasih kepada semua pihak atas peran serta dan keterlibatannya sehingga pelantikan Peratin untuk periode 2022-2028 ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Turut hadir dalam Pelantikan tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat Edi Novial, S.Kom., dan anggota, Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Partinia Parosil Mabsus,
Kepala Perangkat Daerah Lambar, Camat Batu Ketulis dan Sekincau,
Bhabinsa, Bhabinkamtibma, Uspika Kecamatan Batu Ketulis dan Sekincau, Peratin dan Peratin terpilih, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan masyarakat setempat.

Adapun Pelantikan Peratin Kecamatan Batu Ketulis dipusatkan di Pekon Luas, untuk Kecamatan Sekincau dipusatkan di Pekon Tiga Jaya dan pelantikan pada hari Minggu tanggal 22 Mei 2022 merupakan hari terakhir pelaksanaan pelantikan Peratin di 15 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Barat yang seluruhnya dilantik langsung oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Batu Ketulis Bapak Mat Yasnurin S.Pd., dalam sambutannya mengucapkan, terimakasih kepada Bupati Parosil yang sudah melantik para Peratin terpilih di kecamatan Batu Ketulis. “Saya harap para Peratin-peratin ini amanah dan bertanggung jawab. Kami yakin kepada Peratin terpilih akan bertanggung jawab sesuai dengan amanat dan sumpah/janji jabatan yang sudah dilakukan,” ujarnya.
(Darman)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA