by

Dinas Parbudkepora Provinsi Bangka Belitung Gelar Halal Bihalal, Diwarnai Tradisi Nganggong

KOPI, Pangkalpinang – Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar acara Halal Bihalal pasca libur hari raya Idul Fitri 1443 H, di Aula Disparbudkepora, di Pangkalpinang, Rabu (11/05/2022).

Kegiatan dihadiri langsung Wakil Gubernur Babel Abdul Fattah beserta istri, Ketua Komisi I DPRD Babel Helliyana, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Babel Bustami Rachman, dua mantan Kadis Pariwisata Babel Yan Megawandi dan Rivai, Kepala OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Babel, Sekretaris Disparbudkepora Herwanita serta seluruh pegawai Disparbudkepora.

Kegiatan halal bi halal mengusung tema kearifan lokal berupa budaya melayu Bangka Belitung, yakni tradisi Nganggong, mencerminkan nilai kebersamaan dan kegotong-royongan. Nanggong merupakan tradisi warga Melayu Babel membawa dulang berisi makanan untuk disantap bersama dalam sebuah majelis.

Kepala Disparbudkepora Babel, Suharto, mengatakan halal bihalal dilaksanakan guna mempererat silaturahmi antar ASN. Selain itu, kata dia, sebagai momentum kebersamaan di penghujung masa jabatan Wakil Gubernur Abdul Fatah bersama Gubernur Erzaldi, yang berakhir pada 12 Mei 2022.

“Besok Gubernur dan Wagub mengakhiri masa tugasnya, saya merasa sedih dan belum puas untuk memberikan kesan, semoga melalui momentum kegiatan ini pertemuan dengan Pak Wagub bukan untuk yang terakhir kalinya,” ungkapnya.

Kepala Disparbudkepora Provinsi Bangka Belitung, Suharto, menyerahkan cinderamata kepada Wakil Gubernur Abdul Fatah. (Foto: reza)

Suharto menambahkan bahwa dirinya juga akan memasuki masa purna tugas sebagai abdi negara pada Juni mendatang.

Dirinya berharap suksesi jabatan di Disparbudkepora akan diisi oleh pemimpin yang mampu membawa kemajuan bagi pembangunan pariwisata, budaya, pemuda dan olahraga di Bangka Belitung.

“Siapapun yang menjabat nantinya harus menguasai semua bidang, carilah SDM yang mumpuni yang nanti bisa membawa kejayaan pariwisata, budaya, pemuda dan olahraga Babel ke depan,” pinta pelatih aktif olahraga menembak ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur Babel Abdul Fattah meminta momentum halal bihalal menjadi langkah Disparbudkepora untuk terus membangun sektor pariwisata daerah, dan tidak berhenti pada titik tertentu.

Apalagi, sebut Fatah, pemerintah telah mendeklarasikan rencana induk destinasi pariwisata nasional di Babel dengan tahapan-tahapan. Pada tahap pertama, sambungnya, terbukanya akses destinasi antar pulau sebagai program kerja 2023-2026.

“Kemajuan Pariwisata Babel harus dipikirkan terus, berkelanjutan dan berkesinambungan,” kata Abdul Fatah.

Di akhir kegiatan dilaksanakan penyerahan cinderamata dari Kadis Parbudkepora Suharto kepada Wakil Gubernur Abdul Fattah, dilanjutkan foto bersama dengan seluruh ASN dan honorer Disparbudkepora Babel. (rz)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA