by

Cari Tahu Apa Itu GB WhatsApp dan Risiko bagi Penggunanya

KOPI, Kediri – Siapa yang tak mengenal WhatsApp? aplikasi ini  merupakan salah satu aplikasi Chatting yang memiliki jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia. WhatsApp dianggap sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah kita untuk memberi dan menerima kabar melalui pesan teks, telepon dan bahkan dapat melakukan panggilan video. 

Meksipun fiutr-fitur tersebut dapat kita nikmati dalam aplikasi WhatsApp biasa, namun bagi para penggunanya masih saja merasa kurang puas dan menginginkan fiutr-fitur menarik lainnya. Sayangnya, dalam aplikasi WhatsApp biasa fitur-fitur yang diingikan para penggunanya belum tersedia. 

Hal inilah yang menjadi alasan munculnya sebuah aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi oleh pihak ketiga. Salah satu aplikasi WA Mod yang saat ini banyak dibicarakan yaitu GB WhatsApp. 

Karena merupakan aplikasi hasil modifikasi dan bukan aplikasi yang bersumber dari developer resmi, tentunya aplikasi ini dapat menjadi ancaman bahaya bagi penggunanya. 

Berikut beberapa informasi yang berhasil mimin rangkum terkait aplikasi GB WhatsApp serta risiko yang dapat mengancam penggunanya yang dikutip dari samudranesia.id.

Apa itu GB WhatsApp?

 Seperti yang telah disinggung sebelumnya, aplikasi GB WhatsApp merupakan aplikasi hasil modifikasi yang idlakukan oleh pihak ketiga. Aplikasi ini dapat dikatakan illegal atau tidak resmi. Tujuan dari tercipatnya aplikasi GB WhatsApp yaitu untuk menambahkan fitur-fitur unik yang tidak tersedia dalam aplikasi WhatsApp biasa pada umumnya. Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi GB WhatsApp yaitu, para penggunanya dapat menikmati fitur menghilangkan centang biru, menghilangkan status typing, menyembunyikan info dan terakhir dilihat, serta masih banyak lagi fiutr-fitur menarik lainnya.

Risiko Menggunakan Aplikasi GB WhatsApp

Meksipun GB WhatsApp memiliki daya tarik tersendiri yang ditunjukkan dengan adanya bebagai macam fitur. Namun, tetap saja aplikasi ini dapat membahayakan bagi penggunanya, karena aplikasi ini merupakan aplikasi illegal atau tidak resmi. Untuk dapat menjalankan aplikasi GB WhatsApp ini, kamu juga harus mengunduhnya dari sumber yang tidak jelas. Maka dari itu, sebelum kamu tergiur untuk mengunduh aplikasi ini, lebih baik simak terlebih dahulu dampak buruk yang diakibatkan oleh aplikasi GB WhatsApp bagi penggunanya.

1. Data Privasi Terancam

Obrolan dalam aplikasi WhatsApp resmi dapat dikatakan aman karena telah tersedia layanan dienkripsi. Hal ini berbeda jika kamu menggunakan GB WhatsApp, karena dalam aplikasi tersebut obrolan para penggunanya tidak dienkripsi, sehingga percakapan atau obrolan pengguna GB WhatsApp dapat memungkinkan dilihat oleh peretas atau pihak lain. Tentu saja hal ini dapat mengancam data privasi para penggunanya. Maka dari itu, untuk menghindari risiko ini lebih baik jangan mencoba-coba untuk menggunakan aplikasi GB WhatsApp, dan apabila kamu sudah terlanjur menggunakannya, segera amankan riwayat chat kamu dengan cara mencandangkan dan memindahkannya ke aplikasi WhatsApp resmi.

2. Akun Dapat Terblokir

Pihak WhatsApp resmi telah terang-terangan memblokir penggunanya yang kedapatan menggunakan aplikasi WhatsApp versi Mod atua WhatsApp kloningan. Pihak WhatsApp secara tegas memberikan peringatan dan membatasi pengguna untuk menggunakan versi WHtasApp mod atau dalamhal ini yaitu GB WhatsApp dan sejenisnya. WhatsApp akan mengambil tindakan menangguhkan atau memblokir akun kamu jika ditemukan menggunakan versi Mod. Para penggunanya pun akan kehilangan akun WhatsAppnya. Jadi untuk menghindari risiko ini, maka saran mimin lebih baik untuk tetap menggunakan Whatsapp resmi saja.  

3. Membahayakan Perangkat

Selain dapat membahayakan dan mengancam data privasi kamu, aplikasi GB WhatsApp juga berpotensi membahayakan perangkat yang kamu gunakan. Mengapa demikian? dikarenakan kamu mengunduh aplikais ini melalui situs web yang tidak jelas, maka besar kemungkinan  situs web bajakan tersebut dapat menginstal malware di perangkat yang kamu gunakan. Jika sudah seperti itu, maka kamu akan dihadapkan oleh iklan-iklan yang tidak jelas dan malware berbahaya. Hal ini dapat memicu adanya virus yang dapat merusak perangkat smartphone kamu. 

4. Tidak Dapat Mengupgrade Aplikasi Melalui Google Play

Tidak hanya sampai di sana, dampak lain yang ditimbulkan oleh aplikasi GB WhatsApp yaitu sulitnya untuk memperbaharui aplikasi tersebut. Dikarenakan aplikasi ini erasal dari situs yang tidak jelas dan tidak tersedia di Google Play, maka sudah jelas kamu tidak dapat mengupgrade aplikasi GB WhatsApp ini tanpa adanya Google Play. 

Apabila versi GB WhatsApp mengeluarkan fitur terbaru, maka untuk menikmatinya kamu harus memperbaharui aplikasi tersebut dengan mengunjungi pihak ketiga atau situs web yang tidak resmi, dan kamu harus menginstalnya secara manual.  

Penutup

Itulah ulasan singkat mengenai Aplikasi GB WhatsApp serta risiko yang dapat membahayakan penggunanya. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini, coba dipikirkan lebih matang lagi dan sebaiknya kamu menghindari ancaman tersebut yang dapat merugikan dirimu sendiri. Lebih bijaklah untuk mengambil keputusan, agar tidak menyesal kemudian.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA