by

Cara Memutar Video Youtube Dengan Tampilan Layar Mati di Android

KOPI, Jakarta – Apakah Anda saat ini tidak bisa memutar video di Youtube saat membuka aplikasi lain di smartphone? Hal ini memang wajar karena jika Anda membuka aplikasi lain, maka Youtube secara otomatis akan berhenti.

Untuk itu, kali ini kita akan memberikan ulasan tentang beberapa cara supaya video Youtube tetap dapat diputar meskipun Anda membuka aplikasi yang lain.

Jadi Anda dapat memutar musik sambil chatting di Whatsapp, membuka sosial media, mengedit foto, atau membuka berbagai aplikasi lainnya. Bahkan walaupun layar dalam kondisi mati pun video tersebut akan tetap otomatis berputar.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memutar Youtube sebagai aplikasi latar dan tetap aktif saat layar mati. Jangan khawatir, cara berikut ini tidak meminta akses root sehingga Anda tidak perlu repot-repot melakukan root perangkaat smartphone.

Anda dapat memilih salah satu dari beberapa cara berikut yang menurut Anda paling mudah untuk dicoba dengan perangkat smartphone Anda. Penasaran dengan caranya? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya

Aplikasi Pemutar Youtube di Backrground Menggunakan Google Chrome

Cara untuk minimize Youtube yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi Google Chrome atau kamu juga bisa download Youtube Vanced. Cara yang satu ini tentu sangat cocok untuk Anda yang ingin minimize Youtube dan tidak ingin mengunduh aplikasi lain.

Pasalnya Google Chrome biasanya sudah menjadi salah satu aplikasi bawaan pada setiap perangkat Android. Berikut ini adalah langkah-langkah memutar video di Youtube agar tetap dapat membuka aplikasi lainnya atau tetap aktif saat layar mati dengan Google Chrome.

  1. Pertama-tama, jalankan aplikasi Google Chrome di perangkat smartphone Anda
  2. Kemudian klik pada menu Setting atau tanda titik 3 di bagian sudut kanan atas browser tersebut
  3. Beri tanda cek pada pilihan request desktop site
  4. Langkah selanjutnya, ketikkan alamat Youtube.com di kolom link address bukan m.youtube.com
  5. Secara otomatis, browser tersebut akan membawa Anda ke laman Youtube versi desktop dengan tampilan sama seperti saat Anda membukanya melalui PC atau laptop
  6. Anda hanya perlu melakukan zoom di kolom pencarian kemudian ketikkan video atau lagu yang ingin Anda putar

Memang dengan cara ini, video kadang tidak secara otomatis diputar untuk lagu yang pertama. Anda hanya perlu menarik sedikit saja agar lagu tersebut memutar.

Namun setelah lagu pertama selesai dan Anda memutar lagu lagi, video tersebut sudah secara otomatis berputar. Hal ini menjadi salah satu kelemahan dari Google Chrome. Tetapi keunggulan menggunakan Google Chrome untuk memutar video di Youtube adalah lebih ringan dan cepat.

Jika Anda membuka aplikasi yang lain, video tersebut memang akan berhenti. Namun Anda dapat memutarnya lagi cukup dengan menarik status bar ke bawah kemudian klik menu play. Setelah itu, video pun akan tetap berjalan meskipun Anda membuka aplikasi lainnya.