by

Bupati Tamba Usulkan Anggaran Milyaran untuk Tangani Infrastruktur dan Abrasi Pantai

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba telah mengusulkan anggaran sebesar 300 milyar melalui DAK tahun 2023 kepada Pemerintah Pusat. Hal tersebut meliputi seluruh jalan Kabupaten Jembrana dan penanganan abrasi pantai.

Perbaikan jalan dan abrasi tersebut menjadi fokus kerja Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Sementara untuk penanganan abrasi telah diusulkan sejumlah titik di Jembrana. Mengingat penanganan abrasi di wilayah pantai menjadi kewenangan Pemerintah Pusat.

Nilai total usulan mencapai 375 Milyar, diharapkan ada solusi masalah abrasi yang menerjang beberapa wilayah di Kabupaten Jembrana. Adapun wilayah pantai yang diusulkan untuk penanganan abrasi meliputi Desa Perancak, Desa Pengambengan, Rambut Siwi dan Banjar (dusun) Pebuahan, Desa Banyubiru.

“Untuk tahun ini, penanganan abrasi dengan anggaran sebesar Rp40 Milyar dan sedang berjalan. Kita tangani untuk abrasi  pantai di Gilimanuk, Candikusuma dan Delodberawah,” ucap Bupati Tamba saat  sosialisasi terkait perbaikan jalan Pohsanten Rabu (25/5/2022) bertempat di Kantor Desa Pohsanten.

Sedangkan untuk perbaikan jalan hotmix tahun ini, Bupati Tamba mengatakan bahwa sudah dianggarkan dengan peningkatan anggaran dari Pemerintah Pusat. Beberapa ruas jalan sudah diperbaiki.

“Kita sudah mengusulkan anggaran sebesar 300 Milyar kepada Pemerintah Pusat untuk penanganan dan perbaikan jalan di Kabupaten Jembrana. Anggaran tersebut akan mampu mengcover seluruh jalan milik kabupaten yang rusak untuk diperbaiki. Dengan demikian mohon doa restu, tahun depan ini sudah bisa berjalan,” ujar Bupati Tamba.

Sementara untuk penanganan abrasi dilakukan secara bertahap. Bupati Tamba menyampaikan bahwa saat ini sudah ditangani di beberapa titik pantai yang ada di Kabupaten Jembrana.

“Dengan nilai anggaran sebesar 40 Milyar dari Pemerintah Pusat, penanganan abrasi di pantai Gilimanuk, Candikusuma dan Delodberawah dalam proses pengerjaan tahun ini. Sementara penanganan di wilayah pantai lainnya bertahap,” ujar Bupati Tamba.

Bupati yang berasal dari Desa Kaliakah ini, meminta kepada masyarakat yang wilayahnya mendapat perbaikan jalan mampu menjaga dengan baik. Termasuk kepada pemenang tender pihaknya mengingatkan agar menjaga kualitas pekerjaannya.

“Tolong nanti jalan ini agar dipelihara dengan baik. Jaga kebersihan saluran air di sepanjang jalan, apabila aspal tergenang air maka rentan berlubang. Saya minta kepada pemenang tender agar melakukan pekerjaannya dengan maksimal sehingga hasilnya baik,” harap Bupati Tamba.

Kadis PUPRPKP Jembrana I Wayan Sudiarta menjelaskan bahwa perbaikan jalan Poh Santen- Pangkung Jangu tersebut nantinya akan menggunakan hotmik dan untuk bahu jalannya akan menggunakan beton sepanjang 4,6 kilometer dengan lebar 3,50 centi meter. “Menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan nilai anggaran sebesar Rp6.969.000.000,00 dikerjakan dalam kurun waktu 150 hari mulai 18 Mei 2022,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA