by

Bupati Tamba Pimpin Kegiatan Bersih Bertajuk Sosial di Pantai Yehsumbul

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba memimpin kegiatan pembersihan yang bertajuk Social Event From Gumi Makepung Jembrana Clean Up Day di Pantai Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Bali, Jumat (27/5/2022). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam masalah penanganan sampah menjadi target perhatian Bupati Tamba. Kegiatan tersebut diisi dengan pembersihan sampah plastik dan juga penanaman 100 bibit pohon Pinang Betara di kawasan pantai yang diikuti oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jembrana, jajaran pemerintah desa dan kecamatan, kepolisian, siswa-siswi dan masyarakat sekitar pantai Yeh Sumbul.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Tamba menyampaikan bahwa penanaman pohon Pinang Betara ini merupakan Program Bupati Jembrana yang nantinya akan menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat desa. “Hari ini saya bersama teman-teman PHRI dan seluruh masyarakat desa Yehsumbul melakukan kegiatan bersih-bersih di pantai dan juga menanam pohon pinang betara. Pinang betara ini memiliki bentuk bagus dan cantik dan ketika sudah besar bermanfaat dari sisi ekonomi karena akan buah baik dan bisa dijual.”

“Ini program Bupati Jembrana, seluruh jalan desa kita tanami dengan pinang betara. Astungkara (Mudah-mudahan) ini bisa menjadi pendapatan untuk desa masing-masing,” ujar Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba berpesan agar kegiatan pembersihan ini tidak hanya dilakukan di pantai saja, melainkan harus di mulai dari diri sendiri. “Jangan hari ini saja bersih-bersih pantai dan harus sadar untuk menjaga kebersihan masing-masing. Dan saya ingatkan untuk ikut berperan dalam menjaga lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan,” tegas Bupati Tamba.

Terkait dengan rencana pemerintah desa bersama PHRI menata kawasan pantai Yehsumbul, Bupati Tamba sangat mengapresiasi hal tersebut, yang mana dapat menumbuhkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. “Pak kepala desa niatnya sudah bagus, ingin menata pantai Yehsumbul ini. Saya setuju, nanti beberapa booth UMKM didirikan disini.”

“Teman-teman UMKM kita, khusus untuk kegiatan di sektor pariwisata yang dimotori teman-teman PHRI akan membangkitkan pantai Yehsumbul ini menjadi destinasi kuliner di Kecamatan Mendoyo,” harap Bupati Tamba.

Terkait hal tersebut, Perbekel Desa Yehsumbul, I Putu Gede Diantariksa menyampaikan rasa terimakasihnya atas kehadiran Bupati Tamba di acara Jembrana Clean Up Day di kawasan Pantai Yeh Sumbul ini. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Jembrana yang telah meluangkan waktu untuk hadir ke Pantai Desa Yehsumbul. Saya harapkan dengan kehadiran Bapak Bupati yang merespon baik keadaan alam yang ada di Yehsumbul, tentu ke depan beliau bersama cikal bakal Pokdarwis akan membuat angkringan yang bisa memberikan motivasi awal,” ucap Perbekel I Putu Gede Diantariksa.

Perbekel Desa Yehsumbul I Putu Gede Diantariksa juga menyampaikan harapannya agar seluruh masyarakat d
Desa Yehsumbul dapat menjaga kelestarian lingkungan yang bisa menarik minat investor untuk kemajuan desa. “Semoga ke depan dengan adanya motivasi Bapak Bupati, kami selaku pelayan dan juga masyarakat desa Yehsumbul, saya harapkan bisa berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian alam. Sehingga bisa menopang kehadiran tamu-tamu maupun investor untuk pengembangan desa, tentu ini langkah awal dalam memperoleh pendapatan desa dan kemajuan desa Yehsumbul,” harap Perbekel I Putu Gede Diantariksa. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA