by

Bupati Mamuju Tina Suhardi Melantik Geradus S Toelo Sebagai Pejabat Kepala Desa Tumonga

KOPI, Mamuju, Penjabat kepala desa Tumonga Kecamatan Kalumpang resmi dilantik oleh Bupati Mamuju Hj.Sitti Sutinah Suhardi, di kantor bupati dalam ceremoni kegiatan sederhana disaksikan oleh seorang saksi rohaniwan serta kepala dinas PMD dan beberapa staf lainnya. ( 18 Mei 2022 ).

Adalah Geradus S Toelo yang dipercaya menjabat sementara sebagai Pj. Kades Tumonga, menggantikan Yordan yang dinyatakan tidak lagi dapat melaksanakan tugas akibat menderita sakit sejak bulan oktober tahun 2019.

Bupati Hj. Sitti Sutinah Suhardi, usai menyematkan tanda jabatan di bahu Geradus menyampaikan beberapa catatan tugas yang harus mampu dilaksanakan oleh Pj.kepala desa, antara lain mempersiapkan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa definitif, serta menjalankan roda pemerintahan desa dengan merangkul semua pemangku kepentingan di desa, selain itu Bupati juga menegaskan pentingnya melakukan pengelolaan dana desa secara bijak agar selalu sesuai dengan aturan sehingga tidak terjadi penyimpangan.

Sekretaris Dinas PMD Mamuju, M. Fausan Basir, mengatakan, pelantikan Pj. Kades Tumonga memiliki perbedaan dengan yang lain, sebab agenda utama tugasnya adalah mempersiapkan pelaksanan pengganti antar waktu (PAW) terhadap Kepala Desa definitif yang dinyatakan berhalangan akibat sakit, skenario PAW kata Fausan, baru pertama kali terjadi di mamuju, bahkan belum diatur dalam Peraturan daerah, sebab itu pengganti antar waktu akan dilakukan berdasarkan Permendagri melalui proses pemilihan lewat perwakilan dusun dan BPD, masa jabatan kades terpilih nantinya juga tidak lagi genap lima tahun melainkan meneruskan masa jabatan Kades yang telah digantikan.

Kita belum bisa berkomentar banyak, sebab ini baru (PAW, red) biarlah Pj. yang dilantik bekerja dulu mempersiapkan, sambil melakukan dinamisasi pemerintahan didesanya, Kata Fausan, kita targetkan 3 sampai 6 bulan kedepan pemilihan sudah bisa dilaksanakan, kunci Fausan.

Sebelum itu, Pj kades Tumonga Geradus S Toelo, mengaku akan langsung melakukan tugasnya dengan membangun komunikasi bersama semua unsur pemerintah desa bersama pemangku kepentingan lainnya.

Pejabat terlantik yang sebelumnya sebagai staf pada SMP Neg 1 Kalumpang ini mengaku cukup mengenal karakteristik desa yang akan dipimpinnya sehingga ia optimis akan dapat menjalankan tugas tersebut dengan baik. MUh Nur OKT (Sumber Naskah dan Foto Facebook Pemkab Mamuju )

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA